Deret Daerah Diprediksi Kena Cuaca Ekstrem Minggu Ini

Deret Daerah Diprediksi Kena Cuaca Ekstrem Minggu Ini


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksiĀ cuaca ekstrem masih Nanti akan melanda Sebanyaknya daerah dalam periode sepekan ke depan. Berikut daftarnya.

“Faktor cuaca global dan regional di sebagian besar wilayah Indonesia mempengaruhi cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan menurut BMKG dalam laporan Prospek Cuaca Seminggu ke Depan Periode 21-27 Mei 2024.

Menurut BMKG, sepekan ke depan masih terjadi hujan dengan intensitas Pada saat ini Bahkan sedang Sampai saat ini lebat di sebagian besar wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Kepulauan Babel, Lampung, Banten, Jabar, Jatim, Bali.


Kemudian, Kalbar, Kaltim, Kalsel, Kaltim, Kaltara, Sulbar, Sulteng, Sulsel, Sultra, Gorontalo, Sulut, Maluku, Malut, Papbar, Papbar Daya, Papua Tengah, Papua, dan Papua Pegunungan.

Berikut Merupakan faktor-faktor yang memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia:

Pertama, aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial diprakirakan aktif di wilayah Sultra, Maluku, Papbar, Papbar Daya, Papbar, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Kedua, aktivitas gelombang atmosfer Kelvin diprakirakan aktif di Sumbar. Faktor-faktor ini Membantu potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Ketiga, sirkulasi siklonik terpantau di Utara Papua yang membentuk daerah perlambatan kecepatan (konvergensi) dan pertemuan angin (konfluensi) di Papbar dan Papbar Daya.

Daerah konfluensi lain terpantau di Sumut. Kondisi tersebut mampu Mengoptimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Imbasnya, cuaca ekstrem Diprediksi hadir di Sebanyaknya wilayah.

“PERINGATAN DINI: Masyarakat diimbau Supaya bisa tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya,” menurut BMKG.

“Seperti Bencana Banjir, tanah longsor, Bencana Banjir Besar, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu minggu ke depan.”

Berikut rinciannya:

21-22 Mei

Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Kep. Babel, Lampung, Banten, Jabar, Jatim, Bali, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Kaltara, Sulbar, Sulteng, Sulsel, Sultra, Gorontalo, Sulut, Maluku, Malut, Papbar, Papbar Daya, Papua Tengah, Papua, dan Papua Pegunungan.

23-24 Mei 2024

Sumut, Sumbar, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Kep. Babel, Lampung, Banten, Jabar, Jatim, Bali, NTB, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Kaltara, Sulbar, Sulteng, Sultra, Sulut, Maluku, Malut, Papbar, Papbar Daya, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

25-27 Mei

Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Jabar, Jateng, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulbar, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Sulut, Maluku, Malut, Papbar, Papbar Daya, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

(Regu/dmi)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Deret Daerah Diprediksi Kena Cuaca Ekstrem Minggu Ini