Berita  

Dewan Adat Bamus Berniat Rekomendasikan Putra Betawi untuk Pemilihan Kepala Daerah DKI

Dewan Adat Bamus Berniat Rekomendasikan Putra Betawi untuk Pemilihan Kepala Daerah DKI


Jakarta, CNN Indonesia

Dewan Adat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Berniat merekomendasikan Sebanyaknya nama putra daerah untuk Calon Gubernur dan cawagub di Pemilihan Kepala Daerah DKI.

Ketua Dewan Adat Bamus Betawi, Muhammad Rifqi menyebut nama nama itu Berniat didiskusikan pihaknya dalam Rapat Kerja I Dewan Adat Bamus Betawi Tahun 2024 di Gedung Vokasi Kemenaker RI, Jakarta, Sabtu (3/8).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita Berniat mengagendakan tentang salah satunya Merupakan merekomendasi bagaimana orang Betawi sebagai putra daerah bisa memimpin, menjadi di Pemilihan Kepala Daerah [Jakarta] 2024,” kata Rifqi saat Pembukaan Rapat Kerja I Dewan Adat Bamus Betawi Tahun 2024.

Ia mengatakan ada sekitar empat Sampai saat ini lima nama yang bisa direkomentasikan ke Sebanyaknya partai untuk diusung di Pemilihan Kepala Daerah DKI.

“Mudah-mudahan Partai sebagai pemilik tiket ini mengembalikan hak-hak semua provinsi, di mana Pernah berlangsung berjalan otonomi daerah dan putra daerah masing-masing memimpin menjadi kepala daerah,” ujarnya.

“Bukan deklarasi dukungan. Tapi rekomendasi Dewan Adat. Setelah kita rekomendasi ini nanti kita Berniat roadshow ke pimpinan-pimpinan Partai untuk Menyediakan usulan kami dari kaum Betawi,” imbuhnya.

Di luar itu, Rifqi Bahkan menyatakan Dewan Adat Bamus Betawi menyambut baik Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Terutama Pasal 31 dalam Perundang-Undangan tersebut yang menyebut bahwa kaum Betawi menjadi masyarakat inti Jakarta.

Menurutnya, pengakuan pemerintah terhadap suku Betawi Wajib ditindaklanjuti dengan pembentukan lembaga adat sebagaimana aturan di dalam Perundang-Undangan DKJ.

“Jadi di situ ada pengakuan pemerintah terhadap Betawi dan Betawi Wajib membentuk lembaga adat, di situ bunyi dari pasal 31,” ucap Ia.

“Maka kami yang tadinya induk organisasi kebetawian, maka statusnya kita naikkan menjadi dewan adat dan persis keluar Kumham tahun 2024 ini,” imbuhnya.

(yla/bac)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Dewan Adat Bamus Berniat Rekomendasikan Putra Betawi untuk Pemilihan Kepala Daerah DKI