Dialami Istri Denny Sumargo, Ini Dalang Kaki Bengkak saat Hamil

Dialami Istri Denny Sumargo, Ini Dalang Kaki Bengkak saat Hamil

Daftar Isi



  • Trik mengatasi kaki bengkak saat hamil

Jakarta, CNN Indonesia

Kondisi kaki bengkak sering kali dialami oleh ibu hamil, salah satunya istri Denny Sumargo, Olivia Allan. Simak Dalang kaki bengkak saat hamil dan Trik mengatasinya berikut ini.

Aktor atau Aktris dan presenter Denny Sumargo belum lama ini melalui media sosial Instagram-nya memperlihatkan kondisi kaki istrinya, Olivia Allan, yang mengalami bengkak selama hamil.
Dalam video tersebut, Olivia menyebut bahwa dirinya Sekarang Dianjurkan mengenakan sendal karena sepatunya untuk Di waktu ini Dalam proses tidak muat.

Kondisi kaki bengkak saat masa kehamilan Pada dasarnya hal yang wajar dan umumnya tidak berbahaya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kaki bengkak saat hamil terjadi karena cairan di dalam tubuh menumpuk di pembuluh darah kaki dan masuk ke jaringan terdekatnya sehingga menambah volume kaki dan membuatnya seperti bengkak.

Pertumbuhan rahim pada masa kehamilan Bahkan memberi tekanan yang besar dari bagian perut ke bagian tubuh bawah sehingga mengganggu aliran darah ke jantung.

Dalang kaki bengkak saat hamil lainnya Merupakan perubahan hormon. Saat hamil, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon yang dapat menahan cairan dan membuatnya menumpuk di area kaki.

Tak cuma itu, perubahan hormon pada masa kehamilan Bahkan membuat dinding pembuluh darah menjadi lembut sehingga sulit bekerja dengan baik.

Kondisi ini membuat darah cenderung menumpuk di bagian kaki. Bahkan, darah yang menumpuk tersebut dapat bocor melalui pembuluh darah kecil ke jaringan dan menghasilkan pembengkakan pada kaki.

Maka tak heran, kondisi kaki bengkak Berencana terjadi pada masa kehamilan. Umumnya, pembengkakan Berencana terasa mulai dari pergelangan kaki Sampai saat ini ke jari-jari kaki.

Sementara untuk waktunya, kaki bengkak umum terjadi pada masa kehamilan trimester ketiga. Sebab, pertumbuhan rahim yang semakin besar memberi tekanan yang semakin besar pula ke pembuluh darah di bagian kaki.

Ditambah lagi, biasanya kaki terasa lebih bengkak ketika kaki sering digunakan untuk beraktivitas, cuaca panas, dan pada malam hari. Oleh karena itu, segera istirahatkan kaki Anda Bila Pernah terasa tidak nyaman.

Trik mengatasi kaki bengkak saat hamil




Ilustrasi. Selain tahu penyebabnya, berikut ini Trik mengatasi kaki bengkak saat hamil. (iStockphoto/FatCamera)

Lantas, bagaimana Trik mengatasi kaki bengkak saat hamil?

Berikut caranya seperti dikutip dari Healthline dan berbagai sumber lainnya.

1. Istirahatkan kaki

Ketika kaki bengkak, segera istirahatkan kaki Anda. Coba duduk dan angkat kaki sehingga cairan tidak ‘menggenang’ di bagian kaki dan bengkak dapat berkurang.

Sekalipun jangan duduk terlalu lama karena dapat mempengaruhi sirkulasi udara yang mempengaruhi kondisi kehamilan.

2. Pijat kaki

Pijatan dapat mengurangi pembengkakan pada kaki karena Membantu peredaran cairan yang menumpuk di bagian kaki. Anda dapat meminta suami untuk memberi pijatan lembut di kaki atau pergi ke tempat pijat kehamilan.

Trik lain dapat dengan mengompres kaki dengan air hangat. Tambahkan pula minyak esensial peppermint atau lavender Supaya bisa suasana lebih rileks.

3. Berjalan




Ilustrasi ibu hamil yogaIlustrasi. Salah satu Trik mengatasi kaki bengkak saat hamil Merupakan berjalan. (iStock/Povozniuk)

Bila kondisi kaki bengkak terjadi setiap hari, cobalah untuk rutin berjalan sekitar 5-10 menit. Hal ini dapat Mengoptimalkan sirkulasi udara dalam tubuh sehingga mengurangi risiko pembengkakan.

Apalagi berjalan merupakan Olahraga ringan untuk para ibu hamil Supaya bisa lancar dalam persalinan. Jadi tidak ada salahnya bukan? Sekalipun jangan berjalan sampai membuat tubuh terlalu lelah karena dapat mempengaruhi kondisi kehamilan.

4. Tidur miring ke kiri

Saat hamil cobalah untuk tidur miring ke kiri. Posisi ini dapat Mengoptimalkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan pada kaki.

Tidur miring ke kiri menghilangkan tekanan rahim ke pembuluh darah yang mengembalikan darah dari kaki ke jantung.

5. Pakai sepatu yang nyaman

Ketika kaki bengkak, pakailah sepatu yang nyaman. Umumnya, Anda Dianjurkan Mengoptimalkan ukuran sepatu yang digunakan selama masa kehamilan karena kondisi kaki bengkak ini.

6. Kurangi konsumsi garam

Garam atau natrium dapat membuat tubuh menahan penyerapan air sehingga membuat air lebih banyak di pembuluh darah. Hal ini dapat Mengoptimalkan risiko kaki bengkak karena air berlebih pada pembuluh darah rentan menumpuk di bagian kaki.

Oleh karena itu, coba kurangi konsumsi garam Anda. Ditambah lagi hindari makanan kaleng atau olahan dan coba gunakan pengganti garam pada makanan Anda.

7. Kurangi kafein




Ilustrasi pembuatan latteIlustrasi. Salah satu Trik mengatasi kaki bengkak saat hamil Merupakan mengurangi kafein. (Taylor Franz/StockSnap)

Tak hanya garam, sebaiknya Anda Bahkan mengurangi konsumsi kafein yang terkandung di kopi dan teh. Sebab kafein bersifat diuretik yang dapat menyebabkan tubuh ingin buang air kecil lebih sering.

Ketika hal ini terjadi, tubuh justru memberi sinyal untuk menahan cairan sebagai cadangan yang dapat membuat penumpukan cairan. Lagipula, konsumsi Berlebihan kafein sejatinya kurang baik untuk pertumbuhan janin.

Itulah Dalang kaki bengkak saat hamil dan Trik mengatasinya. Semoga Membantu.

(pua/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Dialami Istri Denny Sumargo, Ini Dalang Kaki Bengkak saat Hamil