Dianjurkan Dicatat! Ini Gerakan Sederhana yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Otak

Dianjurkan Dicatat! Ini Gerakan Sederhana yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Otak


Jakarta

Gerakan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi Bahkan Menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan otak. Gerakan yang rutin dapat Mengoptimalkan fungsi kognitif, melindungi otak dari penuaan, membangun suasana hati, dan Membantu mencegah berbagai penyakit neurodegeneratif.

Dikutip dari Medical News Today, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa Gerakan dapat menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia. Justru Dianjurkan diingat, setiap orang dapat Menyediakan respons yang berbeda terhadap berbagai macam Gerakan, seperti Gerakan aerobik atau latihan kekuatan.

Gerakan teratur berperan penting terhadap kesehatan tubuh, sebuah penelitian yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa orang yang melakukan Gerakan ekstrem memiliki peluang untuk hidup lebih lama. Dalam upaya kolaboratif yang dipimpin oleh Stanford Medicine, para peneliti Pernah mengeksplorasi mekanisme yang mendasari bagaimana Gerakan dapat Mengoptimalkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya kesehatan otak.


Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Nature, melibatkan hampir 10 ribu pengukuran di hampir 20 jenis jaringan, menguji dampak latihan ketahanan selama delapan minggu pada tikus laboratorium yang Pernah dilatih untuk berlari di treadmill kecil.

Kesimpulan dari studi tersebut mengungkapkan efek Unggul dari Gerakan pada sistem kekebalan tubuh, respons stres, produksi energi, dan sistem metabolisme butuh.



ADVERTISEMENT

Ryan Glatt, CPT, NBC-HWC, seorang Manajer kesehatan otak senior dan direktur program FitBrain di Pacific Neuroscience Institute di Santa Monica mengatakan bahwa Gerakan Mengoptimalkan plastisitas sinapsis dan aliran darah sekaligus mengurangi peradangan dan Mengoptimalkan ekspresi faktor neurotropik seperti brain derived neurotrophic factor (BDNF).

“Efek-efek tersebut secara sinergis dapat Mengoptimalkan daya ingat, pembelajaran, dan kesehatan otak secara keseluruhan,” ungkap Glatt pada Medical News Today.

Lalu, apa saja jenis Gerakan yang Unggul untuk kesehatan otak?

Menurut Glatt, Gerakan aerobik seperti latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan latihan keseimbangan sangat bermanfaat bagi kesehatan otak, baik secara umum maupun secara khusus.

“Aktivitas yang menggabungkan antara tantangan fisik dan kognitif, seperti menari atau taichi, bisa sangat efektif bagi aspek-aspek tertentu dalam kesehatan otak,” ungkap Glatt.

Justru di sisi lain, ia memperingatkan bahwa Sekalipun Gerakan bermanfaat bagi kesehatan otak, keberagaman genetik dan kesehatan dasar dari masing-masing individu dapat mempengaruhi hasil.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan keberlanjutan jangka panjang dan jenis serta intensitas Gerakan yang optimal untuk populasi yang berbeda,” tandasnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Dianjurkan Dicatat! Ini Gerakan Sederhana yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Otak