Bisnis  

Ekonom Ragu Crazy Rich Asing Ingin Tanam Uang di Family Office RI

Ekonom Ragu Crazy Rich Asing Ingin Tanam Uang di Family Office RI


Jakarta, CNN Indonesia

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memprediksi orang super kaya alias crazy rich asing enggan menanamkan uang atau berinvestasi melalui family office di Tanah Air.

Menurutnya, para crazy rich meragukan keamanan data pribadi di Indonesia setelah terjadi kebocoran Pusat Data Nasional (PDN).

“Dengan kasus bocornya PDN, ini jadi catatan buruk. Karena family office, Ia sangat sekresi. Ia enggak Ingin data investasinya dan lain-lain bocor. Dan kita lemah soal itu,” katanya di Hotel Mercure, Jakarta Pusat, Kamis (26/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bhima mengatakan family office biasanya dibentuk di negara yang memenuhi dua kriteria. Pertama, negara tersebut mengenakan Retribusi Negara secara rendah atau tidak sama sekali mengenakan Retribusi Negara alias tax heaven.

Kedua, negara tersebut merupakan pusat keuangan global (financial hub). Indonesia, kata Bhima, tidak memenuhi dua kriteria tersebut.

Terlebih lagi, crazy rich biasanya Ingin menanamkan uang melalui family office di negara yang memiliki pasar keuangan mendalam. Maka tak heran family office banyak dibentuk di Singapura, Belanda, dan Jepang yang memang memiliki beragam produk Penanaman Modal. Sementara di Indonesia katanya tidak demikian.

Bhima menduga tujuan utama pemerintah membentuk family office Merupakan untuk menarik dana repatriasi dari orang-orang super kaya Indonesia yang selama ini menempatkan dananya di luar negeri, khususnya di Singapura.

“Untuk apa? Untuk menstabilkan Kurs Mata Uang Kurs Mata Uang Nasional kita. Karena hari ini Sebelumnya Rp16.200,” katanya .

Pembantu Presiden Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan family office bakal dibentuk paling lambat Oktober atau sebelum masa pemerintahan Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) berakhir.

Ia mengatakan Pada Di waktu ini pemerintah tengah melakukan finalisasi pembentukan family office.

“Saya kira itu masih teknis, tapi Harus selesai sebelum Oktober ini,” katanya.

Luhut Bahkan mengatakan Sudah berkomunikasi dengan Pembantu Presiden Keuangan Sri Mulyani terkait rencana pemberian insentif Retribusi Negara bagi orang kaya asing yang Berniat menaruh uangnya di family office.

Justru, ada Sebanyaknya syarat yang Harus dipenuhi termasuk uang yang ditaruh di family office Harus diinvestasikan.

(fby/agt)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Ekonom Ragu Crazy Rich Asing Ingin Tanam Uang di Family Office RI