Bisnis  

Elon Musk Digugat Delapan Insinyur SpaceX, Ada Apa?

Elon Musk Digugat Delapan Insinyur SpaceX, Ada Apa?


Delapan insinyur SpaceX menggugat CEO mereka, Elon Musk pada Rabu (12/6).

Mereka mengaku dipecat secara ilegal karena menimbulkan kekhawatiran tentang dugaan pelecehan seksual dan diskriminasi terhadap perempuan.

Delapan insinyur tersebut termasuk empat wanita dan empat pria mengklaim bahwa Musk memerintahkan pemecatan mereka pada 2022.


Pemecatan tersebut terjadi, kata mereka, setelah mereka menyebarkan surat yang menyebut miliarder tersebut sebagai “pengalih perhatian dan rasa malu”, serta mendesak para eksekutif untuk menolak komentar bermuatan seksual yang dibuatnya di media sosial.

Menurut pengacara para insinyur, Anne Shaver dan Laurie Burgess, gugatan tersebut diajukan di Lembaga Proses Hukum negara bagian di Los Angeles.

Gugatan tersebut mengatakan bahwa tindakan Musk memupuk “Kearifan Lokal seksis yang meluas” di SpaceX. Di mana insinyur perempuan secara rutin menjadi sasaran pelecehan dan komentar seksis serta kekhawatiran mereka terhadap Kearifan Lokal tempat kerja diabaikan.

“Tindakan ini … mempunyai akibat yang dapat diperkirakan dan nyata yaitu menyinggung, menyebabkan kesusahan, dan mengganggu kesejahteraan penggugat sehingga mengganggu ketenangan emosional mereka di tempat kerja,” kata penggugat dalam gugatannya melansir The Guardian.

SpaceX tidak segera menanggapi permintaan komentar. SpaceX membantah melakukan kesalahan, dengan mengatakan surat pada 2022 itu mengganggu dan para pekerjanya dipecat karena melanggar kebijakan perusahaan.

Perusahaan Bahkan membantah bahwa Musk terlibat dalam keputusan memecat para insinyur tersebut.

“Kami berharap gugatan ini dapat Menyediakan semangat kepada rekan-rekan kami untuk tetap tegar dan terus berjuang demi tempat kerja yang lebih baik,” ujarnya.

Kedelapan insinyur tersebut Pernah berlangsung menjadi fokus kasus Dewan Hubungan Perburuhan Nasional AS (NLRB) yang mengklaim bahwa pemecatan mereka melanggar hak mereka Merujuk pada undang-undang ketenagakerjaan AS untuk mengadvokasi kondisi kerja yang lebih baik.

SpaceX mengajukan gugatan yang mengklaim bahwa proses penegakan hukum internal dewan buruh melanggar konstitusi. Lembaga Proses Hukum banding AS bulan lalu menghentikan kasus NLRB sementara mereka mempertimbangkan upaya SpaceX untuk memblokirnya sambil menunggu hasil gugatan perusahaan.

Gugatan hari Rabu menuduh SpaceX dan Musk melakukan pembalasan dan penghentian yang salah yang melanggar hukum California, dan selanjutnya menuduh perusahaan tersebut melakukan pelecehan seksual dan diskriminasi jenis kelamin.

Penggugat meminta ganti rugi dan hukuman yang tidak ditentukan serta perintah yang melarang SpaceX terus terlibat dalam tindakan yang diduga melanggar hukum.

(pua/pua)


[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Elon Musk Digugat Delapan Insinyur SpaceX, Ada Apa?