Bisnis  

Fakta-fakta Keuangan Indofarma Bermasalah

Fakta-fakta Keuangan Indofarma Bermasalah

Daftar Isi



Keuangan BUMN farmasi PT Indofarma tengah bermasalah. Tercermin dari perusahaan yang menunggak pembayaran gaji karyawan.

Direktur Utama Indofarma Yeliandriani tak membantah kabar tersebut dan mengungkapkan penyebabnya.

“Hal ini disebabkan adanya putusan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang Sekalipun tidak berdampak secara langsung pada operasional perseroan, Berencana tetapi perseroan Harus berkoordinasi dengan tim pengurus yang ditunjuk Lembaga Proses Hukum, sesuai Syarat peraturan perundang-undangan,” katanya dalam keterbukaan informasi, Rabu (17/4).


Sekretaris Perusahaan Indofarma Warjoko Sumedi mengatakan Sampai Pada Pada saat ini perusahaan masih mengumpulkan dana untuk membayar gaji tersebut.

“Bahwa gaji karyawan Indofarma betul Sampai saat ini Pada saat ini Bahkan belum dibayarkan. Manajemen lagi berupaya untuk mendapatkan dana yang cukup guna pembayaran gaji dimaksud,” ujar Sekretaris Perusahaan Indofarma Warjoko Sumedi.

Meski menunggak pembayaran gaji, Bertolak belakang dengan perusahaan mengklaim masih membayar tunjangan hari raya (THR) secara penuh kepada karyawan.

Lalu seperti apa faktanya?

1. Dugaan Fraud

Kementerian BUMN menduga terjadi Mengelabui Orang Lain atau fraud atas laporan keuangan Indofarma sehingga terjadi permasalahan tunggakan pembayaran gaji.

Wakil Pejabat Tinggi Negara BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan dugaan fraud Mengikuti hasil audit BPKP yang Berencana dibawa ke penegak hukum atau ke Kejaksaan Agung.

“Iya lagi proses,” ujarnya di The Gade Tower, Selasa (7/5).

2. Peralihan operasi Indofarma ke Biofarma

Kementerian BUMN Bahkan berencana untuk mengalihkan operasional Indofarma ke PT Biofarma (persero) sebagai langkah penyelamatan. Sebab, kondisi Indofarma sangat berat.

Staf Khusus Pejabat Tinggi Negara BUMN Arya Sinulingga mengatakan sebetulnya Pernah berlangsung sejak tahun lalu gaji karyawan Indofarma ditanggung oleh Biofarma. Bertolak belakang dengan, Pada saat ini Bahkan perusahaan induk itu Sekarang merasa terbebani.

“Pada saat ini Bahkan udah mulai ngadat, karena udah Berlebihan uang Biofarma yang disedot Indofarma. Pernah berlangsung ratusan miliar uang Biofarma masuk ke Indofarma. Ada batasan Bahkan kan,” katanya.

3. BPK Temukan Indikasi Pidana

BPK (BPK) menemukan indikasi pidana dalam laporan keuangan PT Indofarma Tbk dan anak perusahaan yang merugikan negara Rp371,83 miliar.

Hal ini diketahui Mengikuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Investigatif atas pengelolaan keuangan Indofarma, anak perusahaan, dan instansi terkait lainnya 2020 sampai dengan 2023.

Laporan tersebut pun Pernah diserahkan kepada Jaksa Agung di Kejaksaan Agung (Kejagung), Senin (20/5).

4. Sumber Masalah Indofarma

Staf Khusus Pejabat Tinggi Negara BUMN Arya Sinulingga mengatakan potensi penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan Indofarma terletak pada anak perusahaannya, PT Indofarma Global Medika.

Masalahnya terletak pada dana Rp470 miliar yang harusnya masuk ke Indofarma tetapi tidak disetor oleh Indofarma Global Medika.

“Ketika ditanya ke Indofarma Global Medika apakah tagihan tersebut Pernah berlangsung ditagih ke pihak ketiga, pihak lain yang didistribusikan, ternyata Pernah berlangsung ditagih semua oleh Indofarma Global Medika,” katanya secara virtual, Selasa (22/5).

(sfr/sfr)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Fakta-fakta Keuangan Indofarma Bermasalah