Bisnis  

Freeport Mulai Kirim Konsentrat Tembaga ke Smelter Raksasa Gresik

Freeport Mulai Kirim Konsentrat Tembaga ke Smelter Raksasa Gresik


PT Freeport Indonesia (PTFI) melakukan pengiriman perdana konsentrat tembaga ke fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jatim.

Pengiriman konsentrat tembaga dilakukan dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada Kamis (13/6).

“Smelter PTFI di Gresik Pernah siap beroperasi sehingga kami memulai pengiriman perdana konsentrat tembaga. Ini Merupakan momen penting bagi PTFI dan Indonesia,” kata Kepala Negara Direktur PTFI Tony Wenas melalui keterangan resmi, Jumat (14/6).


Konsentrat tembaga itu dikirimkan menggunakan Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily. Total konsentrat tembaga yang diangkat mencapai 22 ribu ton.

Rinciannya, sekitar 12 ribu ton Berniat dimurnikan di Smelter PTFI dan 10 ribu ton dikirim ke PT Smelting Gresik.

Menurut Tony, pengiriman perdana konsentrat ini merupakan momen penting bagi PTFI Serta bagi Indonesia.

“Di mana seluruh konsentrat tembaga ini Berniat dimurnikan di dalam negeri, mewujudkan hilirisasi sebagai pijakan Ke arah Indonesia maju,” katanya.

Ia menjelaskan konsentrat tembaga tersebut sebagai pasokan smelter yang Berniat segera beroperasi. Diperkirakan tiba di Pelabuhan Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik pada 22 Juni mendatang.

Setelah tiba di pelabuhan, konsentrat Berniat ditempatkan dalam Concentrate Barn Sebelum diproses lebih lanjut nantinya pada saat masuk tahapan produksi di Flash Smelting Furnace (FSF).

“Kami menjalankan smelter dengan standar operasional yang tinggi dan memenuhi semua regulasi pemerintah. Ini Merupakan komitmen kami dalam Mendukung program hilirisasi pertambangan yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Smelter PTFI merupakan fasilitas pemurnian konsentrat tembaga yang terletak di KEK JIIPE, Manyar, Gresik, Jatim. Pembangunannya dimulai Oktober 2021 dan Sebelumnya selesai pembangunan sesuai jangka waktu yang ditetapkan pemerintah.

Smelter kedua PTFI ini merupakan smelter tembaga dengan desain single line terbesar di dunia dan Berniat mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi Sampai saat ini 1,7 juta ton setelah beroperasi penuh.

Smelter dilengkapi Unit Refinery, Unit Pemurnian Emas, Unit Oksigen, Unit Asam Sulfat dan Unit Desalinasi serta Unit Effluent and Wastewater Treatment Plant untuk Mendukung pemanfaatan maksimal bahan baku, produk samping maupun limbah Supaya bisa dapat mencapai high efficiency smelting and refining process.

(mrh/sfr)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Freeport Mulai Kirim Konsentrat Tembaga ke Smelter Raksasa Gresik