Gol Indah Shaqiri ke Penjaga gawang Skotlandia Jadi Sejarah Baru di Euro 2024

Gol Indah Shaqiri ke Penjaga gawang Skotlandia Jadi Sejarah Baru di Euro 2024


Gelandang serang Swiss, Xherdan Shaqiri (32), mencetak sebuah gol indah dari jarak jauh untuk hasil imbang negaranya atas Skotlandia di lanjutan Liga Grup A Euro 2024, Rabu (19/6).

Mengutip dari laman UEFA, gol itu menjadikannya sebagai salah satu dari sedikit Peserta yang mencetak gol di enam Kejuaraan besar antarnegara.

Ia Sekarang Sebelumnya mencetak di tiga Trophy Eropa dan tiga Trophy Dunia, sejajar dengan Miroslav Klose dan Juergen Klinsman, serta Cristiano Ronaldo.


Ditambah lagi Gelandang Chicago Fire itu menjadi Peserta pertama dari Major League Soccer (MLS/Amerika Serikat) yang mencetak gol di Trophy Eropa. Atau, Peserta pertama di Skuad benua Amerika yang mencetak gol di kejuaraan antarnegara Benua Eropa.

“Saya Akan segera Setiap Saat mengingat gol ini,” kata Shaqiri tertawa dalam wawancara eksklusif usai Liga seperti dikutip dari laman UEFA Euro 2024.

Gol cantik Shaqiri di menit ke-26 itu menyamakan kedudukan setelah Swiss sempat tertinggal oleh gol Scott McTominay pada menit ke-13.

Shaqiri yang beroperasi sebagai false nine di skuad asuhan Murat Yakin itu memanfaatkan blunder sayap Skotlandia, Anthony Raltson yang backpass ke arah Penjaga gawang timnya. Miskomunikasi dalam mengoper bola di antara Peserta Skotlandia itu lalu dimanfaatkan Shaqiri untuk mengejar bola liar.

Dan, sebelum bek sentral Skotlandia Grant Hanley mendekati dirinya, Shaqiri melepas tembakan keras yang melengkung ke pojok atas kanan Penjaga gawang dari luar kotak Tendangan penalti.

“Saya Setiap Saat ingat dengan gol ini. Bolanya begitu pelan datang ke diri saya, dan saya saat itu berpikir: ‘OK, saya Dianjurkan mencoba untuk menendang first time‘, dan saya menembaknya dengan sangat sempurna ke pojok atas,” ujar mantan Gelandang Liverpool dan Bayern Munich itu.

“Itu betul-betul sebuah gol yang indah, tapi saya Sebelumnya banyak mencetak gol indah sebelumnya,” imbuh Shaqiri.

Dengan hasil imbang itu, Sekarang Shaqiri dkk Dianjurkan berjuang di Liga pamungkas Grup A untuk lolos ke Putaran 16 besar Euro 2024.

Pada matchday 2 itu, pemilihan Shaqiri sebagai starter dinilai sebagai pilihan mengejutkan dari Manajer Swiss Murat Yakin. Pada Liga pembuka Yakin memilih Striker Kwadwo Duah sebagai starter dalam Duel dengan skor akhir 3-1 atas Hungaria. Berbeda dengan Duah yang mengandalkan kecepatan lari, dalam Liga melawan Skotlandia semalam Shaqiri sebagai false nine lebih banyak bergerak sebagai pembuka ruang.

Yakin pun mengapresiasi performa Shaqiri, termasuk gol cantiknya ke Penjaga gawang Skotlandia.

“Saya tak tahu berapa banyak Peserta yang mampu mencetak gol seperti itu. Tetapi Ia dengan penuh Self-Esteem dan kemampuannya memang mampu untuk melepas tembakan seperti itu,” kata Yakin usai Liga.

Yakin mengatakan Liga semalam menunjukkan Shaqiri memang mampu membawa timnya keluar dari keputusasaan dengan momen cantik seperti itu.

“Shaqiri membuktikan malam ini bahwa Ia hidup dan bernapas untuk momen-momen seperti ini. Itu sebuah penyelesaian klinis yang Istimewa, dan cuma hanya Ia Mungkin yang bisa melakukannya di situasi tersebut,” kata Yakin.

Perkataan Yakin itu Bahkan diamini kapten sekaligus Gelandang Swiss, Granit Xhaka. 

“Kita lihat hari ini mengapa Shaqiri begitu penting. Tidak banyak orang punya [kemampuan] kaki kiri seperti itu,” kata Ia.

(kid)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Gol Indah Shaqiri ke Penjaga gawang Skotlandia Jadi Sejarah Baru di Euro 2024