Habis Lari, Telapak Kaki Terasa Nyeri? Waspadai Plantar Fasciitis

Habis Lari, Telapak Kaki Terasa Nyeri? Waspadai Plantar Fasciitis

Jakarta

Setelah melakukan lari jarak yang jauh, beberapa pelari terkadang mengeluhkan adanya rasa nyeri di telapak kaki. Biasanya, tumit Berniat menjadi bagian yang paling terasa sakitnya.

Spesialis bedah orthopedi dan traumatologi dr Langga Sintong, SpOT (K) dari Siloam Hospital Mampang mengatakan, kemungkinan Cidera ini Merupakan plantar fasciitis, Dikenal sebagai peradangan di plantar fascia. Peradangan di bagian tersebut Berniat menimbulkan rasa nyeri di telapak kaki.

“Ada namanya jaringan ikat di telapak kaki kita ini, namanya plantar fascia. Jaringan yang membentang dari tumit ke jari-jari kaki. Tujuannya Tuhan ciptakan (plantar fascia) Supaya bisa kaki kita seperti ada pegasnya,” ujar dr Langga dalam media gathering, Kamis (13/6/2024).


Biasanya, lanjut dr Langga, kondisi ini Berniat membuat seseorang sering mengalami rasa nyeri di bagian tumit. Kondisi ini bisa menjadi nyeris ketika tidak tertangani dengan baik.



ADVERTISEMENT

“Plantar fasciitis itu sering banget nyeri di tumit. Mungkin sekali pada saat itu robek, ada robek kecil-kecil. Ingin sembuh nggak jadi, Ingin sembuh nggak jadi karena dipakai jalan dan lain lain, makannya jadi nyeri kronis,” tambanya.

NEXT: Dalang plantar fasciitis

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Habis Lari, Telapak Kaki Terasa Nyeri? Waspadai Plantar Fasciitis