Hari Sepeda Sedunia 3 Juni, Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Hari Sepeda Sedunia 3 Juni, Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Jakarta

Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day diperingati pada tanggal 3 Juni setiap tahun. Momentum ini bertujuan untuk mendorong penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang Murah, sehat, dan ramah lingkungan.

Dikutip dari National Today, Hari Sepeda Sedunia ternyata Pernah diperingati sejak 2018. Penetapan Hari Sepeda Sedunia ditentukan lewat resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dipelopori oleh Pemerintah Turkmenistan.

Lahirnya Hari Sepeda Sedunia berasal dari seorang sosiolog Amerika Serikat yang bernama Leszek Sibilski. Lewat tulisan di blognya, Ia mempromosikan tentang manfaat bersepeda dan mempertanyakan kenapa tidak ada Hari Sepeda Sedunia.


Gagasan Sibilski mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan. Pada akhirnya pada 12 April 2018, PBB mengadopsi resolusi Hari Sepeda Sedunia setiap 3 Juni yang disepakati oleh 193 negara anggota Majelis Umum PBB.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Selain sebagai moda transportasi yang Murah meriah, bersepeda Bahkan Menyajikan banyak manfaat untuk kesehatan. Gerakan ini pun bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak Sampai saat ini orang usia lanjut.



ADVERTISEMENT

Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin bersepeda antara lain:

Bersepeda merupakan Gerakan kardio yang dapat Membantu memangkas lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Mengoptimalkan otot kaki

Bersepeda Bahkan dapat Mengoptimalkan fungsi menyeluruh dari tubuh bagian bawah, khususnya kaki, tanpa membebani persendian.

Bersepeda dapat Membantu mengelola kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga Mengoptimalkan kesehatan kardiovaskular serta melindungi dari risiko serangan jantung dan stroke.

4. Mengoptimalkan kesehatan otak dan mental

Bersepeda Bahkan bisa menjadi salah satu Tips menyenangkan untuk menghilangkan stres, depresi, dan kecemasan. Penelitian Bahkan menunjukkan bersepeda dapat Mengoptimalkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang Pernah berusia lanjut.

5. Mengoptimalkan keseimbangan, postur, dan koordinasi

Postur saat bersepeda dapat Membantu Mengoptimalkan keseimbangan dan koordinasi secara keseluruhan, termasuk gaya berjalan. Manfaat ini sangat penting bagi orang lanjut usia yang cenderung mengalami masalah keseimbangan akibat pertambahan umur.

6. Membantu mencegah atau mengelola kondisi medis

Rutin beraktivitas fisik, seperti bersepeda, dapat Membantu mencegah atau mengatasi kondisi medis tertentu. Gerakan teratur dapat Membantu mencegah penyakit jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Bersepeda Bahkan dapat Membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Hari Sepeda Sedunia 3 Juni, Ini Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan