Hati-hati, Batuk seperti Ini Mungkin Tanda Adanya Gangguan Jantung-Ginjal

Hati-hati, Batuk seperti Ini Mungkin Tanda Adanya Gangguan Jantung-Ginjal


Jakarta

Batuk Merupakan respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing seperti kuman, virus, debu, atau zat iriatif dari dalam saluran pernapasan. Meski begitu, batuk Bahkan sering kali menandakan adanya gangguan kesehatan tertentu, bahkan bisa menjadi tanda dari gangguan atau kegagalan di organ lain.

Spesialis penyakit dalam konsultan paru, dr Ika Trisnawati SpPD-KP, M.Sc mengatakan kegagalan pada organ-organ lain bisa saja menimbulkan batuk pada seseorang.

“Bisa Bahkan kelainannya di luar paru-paru. Jadi ada organ lain yang tidak berfungsi dengan baik dan kemudian berdampak ke paru-paru, itu bisa menimbulkan manifestasi batuk,” ujar dr Ika dalam siniar Kemenkes, Rabu (17/7/2024).


dr Ika menambahkan, adanya penyakit seperti pembengkakan atau gagal jantung bisa berdampak pada gangguan di paru-paru. Sehingga, ini bisa menyebabkan munculnya gejala batuk.

“Contohnya pasien dengan pembengkakan jantung atau gagal jantung. Pasien dengan gagal jantung itu pompa jantungnya lemah, sehingga tidak semua darah bisa dipompa ke seluruh tubuh,” kata dr Ika.

“Ketika jantung tidak berfungsi dengan baik, maka cairan Akan segera terbendung di paru-paru atau paru-paru terendam cairan. Itu Bahkan menimbulkan efek batuk,” sambungnya.

Gangguan pada ginjal, lanjut dr Ika, Bahkan bisa ditandai dengan hadirnya batuk.

“Yang lain misalnya kegagalan pada organ ginjal, itu bisa menyebabkan manifestasi batuk atau gangguan pada paru-paru,” kata dr Ika.

dr Ika menekankan batuk yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan ginjal Bahkan disertai oleh gejala khas lainnya.

Pasien yang mengidap pembengkakan jantung, lanjut dr Ika Akan segera ditandai dengan sesak napas ketika beraktivitas. Sementara, gangguan di ginjal Akan segera disertai dengan menurunnya produksi urine.

“Tapi kalau secara umum, batuk itu memang karena (gangguan) di paru-paru itu sendiri,” tutupnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Hati-hati, Batuk seperti Ini Mungkin Tanda Adanya Gangguan Jantung-Ginjal