Hati-hati, Dokter Sebut Urut Tak Bisa Sembuhkan Keseleo

Hati-hati, Dokter Sebut Urut Tak Bisa Sembuhkan Keseleo


Banyak orang masih memilih tindakan urut untuk mengobati urat atau otot yang robek dan mengalami Cidera akibat keseleo. Ternyata, urut tidak bisa menyembuhkan keseleo.

Dokter spesialis kedokteran Olahraga Andhika Respati mengatakan, terapi massage, urut, atau pijat hanya Membantu pasien merasa nyaman dari rasa nyeri, merelaksasi tubuh, dan mengurangi keluhan seperti tegang, pegal, dan lainnya.

“Jadi kalau bicara keseleo, itu gampangnya ada sobekan di ligamen, ligamen itu urat yang menyambungkan antar tulang. Kalau misalnya sobek, pakai logika saja, dipijit apa bisa tersambung kembali?” kata Andhika dalam temu media di Jakarta melansir Antara.


Menurut Ia, baik otot tendon maupun urat baru dapat sembuh dari sobekan setelah melalui proses penyembuhan (healing time) dalam kurun waktu tertentu.

Bila robekannya sangat besar, maka pasien membutuhkan operasi dan tindakan medis lainnya. Karena itu penting untuk bisa membedakan antara mengurangi keluhan dengan menyembuhkan.

“Banyak orang yang keseleo ankle, pergelangan kaki, diurut jadi enak. Benar enak, karena lebih rileks tapi apakah ligamennya menyambung? Belum,” ujar Andhika.

“Makanya kenapa banyak orang kena ankle, dipijit jadi kumat-kumatan, jadi sedikit injak lubang sedikit keseleo, kesenggol sedikit keseleo karena tidak dilatih, tidak ditangani sebagaimana semestinya.”

Ia pun menganjurkan orang yang mengalami keseleo untuk rajin melakukan latihan stabilisasi tubuh. Contohnya dengan belajar berdiri satu kaki untuk Membantu sendi kembali stabil dan Cidera tidak kumat di kemudian hari.

Andhika menambahkan, Manakala masih ingin mendapatkan tindakan pijat atau urut, maka pilih ahli yang kompeten untuk menghindari perburukan kondisi.

Ditambah lagi dengan, penting Bahkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tindakan lainnya.

“Jadi oke, urut silahkan kalau pada masanya ya, kalau masih bengkak sekali itu tidak boleh,” kata Ia.

(pua/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Hati-hati, Dokter Sebut Urut Tak Bisa Sembuhkan Keseleo