Hati-hati, Ini 3 Efek Samping Makan Singkong Rebus Berlebihan

Hati-hati, Ini 3 Efek Samping Makan Singkong Rebus Berlebihan

  • Efek samping makan singkong rebus berlebihan

  • Trik mengolah singkong rebus dengan Terpercaya

Camilan singkong rebus jadi kudapan enak di pagi hari. Makin terasa nikmat Seandainya dipadukan dengan secangkir teh hangat.

Justru, Trik makan yang keliru bisa memicu efek samping. Salah satunya dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Simak efek samping makan singkong rebus berlebihan.

Singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat populer. Di Afrika, singkong menjadi sumber karbohidrat utama, layaknya nasi di Indonesia.


Mengutip Health, selain tinggi kalori dan karbohidrat, singkong Bahkan mengandung Sebanyaknya nutrisi penting seperti vitamin C dan potasium.

Potasium sendiri dikenal berperan penting untuk keseimbangan cairan dan pengaturan tekanan darah. Tak heran Seandainya kemudian singkong dianggap bisa Membantu menjaga Kebugaran jantung, ginjal, dan masih banyak lagi.

Sementara vitamin C dikenal sebagai senyawa antioksidan kuat yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Vitamin C Bahkan dikenal dapat Mengoptimalkan kekebalan tubuh terhadap Sebanyaknya penyakit.

Banyak Trik mengonsumsi singkong. Yang paling populer Merupakan digoreng dan direbus. Justru, pilihan untuk merebus singkong dianggap lebih sehat dibandingkan menggoreng.

Efek samping makan singkong rebus berlebihan

Singkong yang diolah dengan benar, baik dengan Trik direbus maupun digoreng, kemungkinan besar Terpercaya dikonsumsi.

Justru, beberapa efek samping makan singkong rebus berlebihan bisa terjadi Seandainya dikonsumsi dengan Trik yang salah. Berikut di antaranya, merangkum berbagai sumber.

1. Keracunan

Mengutip WebMD, singkong yang tidak diolah dengan Trik yang tepat dapat mengandung bahan kimia yang bisa diubah menjadi sianida di dalam tubuh.

Hal ini dapat membuat tubuh mengalami keracunan sianida dan memicu kondisi kelumpuhan tertentu.

Kondisi ini umumnya terjadi Seandainya singkong dikonsumsi dalam kondisi mentah.

2. Reaksi alergi

Pada sebagian orang, singkong bisa memicu reaksi alergi. Salah satunya Merupakan karena kandungan sulfit yang ada di dalamnya.

Mengutip laman Allergy Sources, sulfit merupakan garam organis yang berpotensi menimbulkan gejala intoleransi makanan pada kelompok orang yang sensitif. Intoleransi makanan ini lebih sering terjadi pada penderita asma.

3. Berat badan bertambah

Bahaya makan singkong berlebihan selanjutnya Merupakan berat badan yang bertambah.

Sebagaimana diketahui, singkong tinggi karbohidrat Justru rendah serat. Karbohidrat sendiri dikenal sebagai salah satu Dalang penambahan berat badan.

Mengutip Healthline, dalam 100 gram singkong yang direbus mengandung 191 kalori dan 40 gram karbohidrat. Seandainya dikonsumsi dalam jumlah banyak, bukan tak Kemungkinan singkong bisa bikin berat badan naik.

Sebagai jumlah Terpercaya, Anda disarankan cukup mengonsumsi singkong tak lebih dari 100 gram per hari atau setara dengan sekitar 3 potong singkong ukuran Baru saja.

Trik mengolah singkong rebus dengan Terpercaya

Seandainya disiapkan dengan Trik yang benar, maka singkong Terpercaya dikonsumsi. Berikut beberapa langkah yang Harus diperhatikan:

1. Potong kedua ujung singkong.
2. Kupas kulitnya dan bilas.
3. Potong singkong menjadi dua bagian memanjang dan buang bagian dalamnya, mirip dengan Trik membuang bagian tengah nanas.
4. Potong singkong sesuai ukuran yang diinginkan dan masukkan ke dalam wadah berisi air asin atau yang ditambahkan dengan sejumput garam.
5. Didihkan air dalam panci, lalu rebus singkong kurang lebih selama 30 menit.
6. Tiriskan dan buang airnya.

Demikian informasi mengenai efek samping makan singkong rebus berlebihan dan Trik Terpercaya mengolahnya.

(asr/asr)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Hati-hati, Ini 3 Efek Samping Makan Singkong Rebus Berlebihan