Heboh Pengawet Peralatan Kecantikan di Roti Okko, BPOM Bagikan Tips Pilih Pangan Berkualitas

Heboh Pengawet Peralatan Kecantikan di Roti Okko, BPOM Bagikan Tips Pilih Pangan Berkualitas


Jakarta

Badan Pengawas Medis dan Makanan (BPOM) mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam memilih makanan Berkualitas di pasaran. Hal ini imbas dari viralnya roti Aoka dan Okko belakangan ini.

Sebelumnya, BPOM memerintahkan untuk menghentikan produksi dan distribusi roti Okko di pasaran. Hal ini karena BPOM menilai produsen roti Okko menggunakan bahan pengawet terlarang Dengan kata lain natrium dehidroasetat yang bukan bahan tambahan pangan (BTP) yang diizinkan.

Sementara itu, roti Aoka mendapatkan ‘lampu hijau’ dari BPOM karena menggunakan bahan tambahan pangan asam sorbat dan natrium diasetat. BTP ini Pernah berlangsung mendapatkan izin khusus dari Badan POM.


Plt Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Ema Setyawati mengatakan masyarakat Pada dasarnya bisa memilih makanan yang Berkualitas di konsumsi di pasaran. Caranya dengan Cek KLIK, Dengan kata lain cek kemasan, label, izin edar, dan kadaluwarsa.

“Cek KLIK itu Dianjurkan, kenapa? Karena di dalam label ada yang bisa kita lihat dan baca. Jadi cek kemasannya, cek labelnya, cek izin edarnya, cek kadaluwarsanya,” ujar Ema dalam konferensi pers BPOM, Kamis (25/7/2024).

BPOM mengingatkan kepada masyarakat untuk berhenti mengonsumsi roti Okko. Meskipun demikian demikian, Bila terlanjur mengonsumsi dan mengeluhkan adanya gejala, Supaya bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

“Masyarakat diminta tidak konsumsi Okko dulu supaya Ia melakukan perbaikan-perbaikan,” kata Ema.

“Jadi kalau Sebelumnya kadung mengonsumsi dan ada riwayat hipersensitivitas, segera ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan,” tutupnya.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Heboh Pengawet Peralatan Kecantikan di Roti Okko, BPOM Bagikan Tips Pilih Pangan Berkualitas