Hobi Tidur Pakai Kipas Angin, Paru-paru Terjamin? Dokter Bilang Gini

Hobi Tidur Pakai Kipas Angin, Paru-paru Terjamin? Dokter Bilang Gini


Jakarta

Kebanyakan orang Kemungkinan sering tidur dengan kipas angin yang menyala. Terlebih di tengah cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini.

Sekalipun demikian, banyak orang yang khawatir Manakala terlalu sering tidur dengan kipas angin menyala. Terlebih efeknya yang dikhawatirkan mempengaruhi kesehatan paru-paru.

Dokter spesialis paru dr Nina Eristina, SpP, menegaskan tidur dengan kipas angin sebetulnya tidak berbahaya. Hal yang menjadi masalah Merupakan Manakala lingkungan di sekitarnya kotor.


“Pada dasarnya nggak masalah, silahkan. Asalkan kipasnya bersih, ruangan di sekitarnya Bahkan tidak berdebu,” terang dr Nina dalam webinar daring, Rabu (19/6/2024).

“Permasalahannya Merupakan ketika di sekitar tempat tidurnya banyak debu, itu Ia (debu) Akan segera terbang dan Akan segera terhirup,” lanjutnya.



ADVERTISEMENT

dr Nina tidak mempermasalahkan tidur dengan kipas atau AC yang menyala. Asalkan, filter AC, kipas angin, dan lingkungan kamar dibersihkan secara rutin.

Sekalipun demikian, biasanya penggunaan kipas angin atau AC ini lebih bisa berdampak pada orang dengan penyakit asma.

“Cuma yang jadi masalah biasanya pada orang-orang asma. Terlalu dingin biasanya ada serangan asma, terbangun malam-malam,” jelas dr Nina.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Hobi Tidur Pakai Kipas Angin, Paru-paru Terjamin? Dokter Bilang Gini