HUT RI ke-79, Kominfo Hadirkan Akses Internet di Desa Ilan Batu Uru

HUT RI ke-79, Kominfo Hadirkan Akses Internet di Desa Ilan Batu Uru


Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Komunikasi dan Informatika) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo menghadirkan akses internet di Kabupaten Luwu, Sulsel jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79.

Pembantu Presiden Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, penyediaan akses internet BAKTI Kominfo dengan jaringan internet Satelit Republik Indonesia-1 (Satria 1) resmi beroperasi Menyajikan fasilitas publik dan pemerintahan di Desa Ilan Batu Uru, Kecamatan Walenrang Barat sejak Senin, 12 Agustus 2024.

“Konektivitas akses internet untuk Menyajikan sektor pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan layanan publik lainnya,” kata Budi Arie di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat pada Kamis (15/8).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi Arie menyatakan, program BAKTI AKSI yang Menyediakan jaringan internet yang terkoneksi dengan (Satria 1) bertujuan mewujudkan visi Indonesia Maju 2045, Dengan kata lain memeratakan akses internet bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di wilayah terdepan, terluar, tertinggal (3T) dan perbatasan.

“Saya harapkan konektivitas digital yang masif ini, Akan segera mendorong produktivitas masyarakat sehingga menjadi stimulus pertumbuhan signifikan PDB yang merupakan prasyarat Indonesia menjadi negara maju,” ujarnya.

Sebelumnya, Budi Arie menerima laporan bahwa warga Desa Ilan Batu Uru belum memiliki akses internet. Dirinya pun memerintahkan Direktur Utama BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar untuk mengecek informasi.

Fadhilah menjelaskan, Desa Ilan Batu Uru merupakan salah satu target Tempat dari 263 Tempat yang Akan segera dibangun di Sulsel pada 2024. Pada saat ini, Pernah dilakukan pemasangan 3 unit akses internet di Desa Ilan Batu Uru.

Lebih jauh, Fadhilah menyampaikan apresiasi kepada PT Mahaga Pratama selaku penyedia layanan user terminal yang proaktif untuk Membantu pemerintah dalam menyukseskan Teknologi Digital di layanan publik.

“Tempat pemasangan unit akses internet di Posyandu Dusun Kole dan di kantor desa, serta dua sekolah di Dusun Paranta, yaitu SMPN Satap Paranta dan SDN 489 Paranta,” paparnya.

Adapun BAKTI Kominfo menargetkan 20 ribu titik Tempat layanan internet Satria 1 di seluruh Indonesia pada 2024.

Sejak 8 Agustus 2024, Program BAKTI AKSI Pernah Menyajikan total 18.712 Tempat yang tersebar dari Sumatera Sampai saat ini Papua, dengan 4.078 dari total Tempat akses internet dilayani Satria 1 yang memiliki kapasitas kecepatan 150 Gbps.

(rea/rir)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > HUT RI ke-79, Kominfo Hadirkan Akses Internet di Desa Ilan Batu Uru