Berita  

Iffa Rosita Disebut Bakal Jadi Komisioner Penyelenggara Pemungutan Suara Gantikan Hasyim Asy’ari

Iffa Rosita Disebut Bakal Jadi Komisioner Penyelenggara Pemungutan Suara Gantikan Hasyim Asy’ari


Jakarta, CNN Indonesia

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat RI Guspardi Gaus mengungkapkan Iffa Rosita Berniat menggantikan Hasyim Asy’ari sebagai komisioner Penyelenggara Pemungutan Suara RI. Hasyim dijatuhi Hukuman Politik pemecatan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemungutan Suara Rakyat (DKPP) karena terbukti melakukan Kartu merah kode etik.

“Iya betul [Iffa] yang dari Kalimatan,” kata Guspardi di Kompleks Lembaga Tertinggi Negara/Dewan Perwakilan Rakyat, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Guspardi menjelaskan Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) Wajib mengeluarkan surat keputusan tentang pemberhentian Hasyim serta penggantinya tujuh hari setelah keputusan DKPP.

Ia mengatakan pengganti Hasyim tidak Wajib lagi mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Dewan Perwakilan Rakyat. Pengganti Hasyim ditunjuk Merujuk pada hasil uji kelayakan dan kepatutan kandidat anggota Penyelenggara Pemungutan Suara dan Badan Pengawas Pemungutan Suara periode 2022-2027 yang digelar Februari 2022.

Merujuk pada hasil uji saat itu, kandidat anggota Penyelenggara Pemungutan Suara nomor urut delapan Merupakan Viryan Aziz. Berbeda dari, Viryan Pernah meninggal dunia pada Mei 2022. Maka, Iffa berpeluang menggantikan Hasyim karena berada di posisi sembilan.

“Pernah ada mekanismenya yaitu digantikan nomor urut delapan, jadi urut di mana ketika kami melakukan fit and proper test,” kata Guspardi.

“Manakala ada komisioner yang tujuh itu meninggal, mengundurkan diri dan lakukan tindak pidana dan sebagainya nanti Berniat digantikan nomor urut delapan dan seterusnya,” tambahnya.

Iffa Rosita merupakan mantan anggota Penyelenggara Pemungutan Suara Bontang. Pada saat ini Ia masih menjabat sebagai Komisioner Penyelenggara Pemungutan Suara Kaltim (Kaltim).

Adapun Hasyim dipecat sebagai ketua sekaligus komisioner Penyelenggara Pemungutan Suara oleh DKPP Merujuk pada sidang putusan etik pada Rabu (3/7). Ia dinyatakan terbukti melakukan hubungan badan secara paksa dengan anggota PPLN Den Haag, Belanda.

(rzr/tsa)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Iffa Rosita Disebut Bakal Jadi Komisioner Penyelenggara Pemungutan Suara Gantikan Hasyim Asy’ari