Indonesia Lalui Jalan Terpanjang ke Putaran ke-3 Kualifikasi Trophy Dunia

Indonesia Lalui Jalan Terpanjang ke Putaran ke-3 Kualifikasi Trophy Dunia


Dibanding 17 negara lain yang bakal berlaga di Putaran ketiga Kualifikasi Trophy Dunia 2026Tim nasional Indonesia menempuh jalan paling panjang.

Skuad Merah Putih merupakan satu-satunya negara yang bisa lolos ke Putaran ketiga Kualifikasi Trophy Dunia 2026 setelah berjuang dari Putaran pertama.

Tim nasional Indonesia Dianjurkan mengawali langkah dari fase awal lantaran memiliki ranking rendah. Ketika kualifikasi hendak dimulai, Indonesia masih berada di peringkat ke-150 dalam ranking FIFA dan ke-28 khusus negara Asia.


Lantaran berada di luar posisi 26 besar zona Asia, anak asuh Shin Tae Yong pun Dianjurkan menempuh duel Putaran pertama. Setelah undian dilakukan, Indonesia dipastikan bertemu Brunei Darussalam.

Dalam Liga yang berlangsung Oktober 2023, Indonesia menang 6-0 dalam Liga Markas dan 6-0 saat bertandang. Skor total agregat 12-0 menjadi yang terbesar dalam Putaran pertama Kualifikasi Trophy Dunia 2026 zona Asia.

Kemudian diketahui Indonesia tergabung di Grup F dalam Putaran kedua Kualifikasi Trophy Dunia 2026 bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Setelah Liga pembuka yang kurang meyakinkan, kalah 1-5 dari Irak, Indonesia kemudian membukukan Skor demi Skor dengan imbang melawan Filipina dan menang atas Vietnam dalam dua Liga berbeda.

Sempat kalah lagi melawan Irak, Indonesia kemudian menaklukkan Filipina. Tiga Skor dari Liga melawan The Azkals membuat Indonesia memastikan posisi runner up Grup F dan melangkah ke Putaran ketiga Kualifikasi Trophy Dunia 2026 serta mengantongi tiket masuk ke putaran final Trophy Asia 2027.

Selain Indonesia, ada sembilan negara yang lolos dari Putaran pertama ke Putaran kedua. Kesembilan negara tersebut tidak ada yang bisa berbicara banyak pada Putaran kedua.

Hong Kong, Taiwan, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanmar, Nepal, Bangladesh, dan Pakistan luluh lantak tak berdaya.

Setelah menang besar atas Brunei pada Putaran pertama dan berjuang sekuat tenaga melawan Irak, Vietnam, serta Filipina pada Putaran kedua, Indonesia bakal menghadapi lawan-lawan kuat pada Putaran ketiga.

(nva/ptr)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Indonesia Lalui Jalan Terpanjang ke Putaran ke-3 Kualifikasi Trophy Dunia