Ini 8 Trik Mengatasi Kesemutan pada Kaki dan Tangan Secara Tepat

Ini 8 Trik Mengatasi Kesemutan pada Kaki dan Tangan Secara Tepat

Jakarta

Kesemutan Merupakan suatu kondisi saat bagian tubuh seperti tangan dan kaki seperti mati rasa sekaligus tertusuk seakan-Akan segera digerayangi semut. Hal itu terjadi karena aliran darah yang tidak lancar atau ada saraf yang tertekan, sehingga aliran oksigen tidak lancar.

Meskipun demikian demikian Jangan ragu karena kesemutan dapat diatasi dengan mudah. Meski begitu, jangan pernah anggap sepele kesemutan apalagi Bila terjadi secara berulang. Hal tersebut Kemungkinan pertanda kalau ada penyakit serius.

Lantas, bagaimana Trik mengatasi kesemutan pada kaki dan tangan? Lalu apa risiko penyakit yang muncul Bila tubuh kerap mengalami kesemutan berkali-kali? Simak penjelasannya berikut ini.


Dalang Kesemutan

Dilansir Healthline, pada umumnya kesemutan disebabkan oleh adanya penekanan terhadap saraf yang terlalu lama. Hal tersebut menghambat pengiriman oksigen dan energi yang dibutuhkan tubuh untuk mengirimkan sinyal ke otak.

Kesemutan dapat terjadi ketika seseorang duduk dengan kaki bersilang dalam waktu lama atau karena meletakkan tangan di bawah kepala saat tidur. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat menusuk.



ADVERTISEMENT

Beberapa orang yang mengalami kesemutan membuat bagian tubuhnya mengalami kecanggungan. Misalnya Bila kesemutan terjadi di tungkai kaki, hal itu membuat sulit untuk berdiri dan berjalan.

Trik Mengatasi Kesemutan

Pada umumnya kesemutan terjadi di bagian tangan dan kaki. Meski awalnya terasa sakit dan seperti tertusuk, kesemutan bisa hilang dengan sendirinya ketika tubuh Pernah berlangsung rileks dan darah kembali mengalir dengan lancar.

Meskipun demikian demikian, ada Sebanyaknya Trik jitu dalam mengatasi kesemutan dengan mudah dan tepat. Simak berikut ini:

Trik Mengatasi Kesemutan di Tangan

1. Kepalkan Tangan dan Buka

Trik yang pertama Merupakan dengan melakukan gerakan tangan mengepal dan dibuka secara perlahan. Lakukan secara berulang kali Supaya bisa aliran darah dapat mengalir dengan normal.

2. Menggunakan Bidai

Trik berikutnya Merupakan dengan menggunakan bidai sebagai alat pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) untuk meredakan kompresi saraf di tangan. Bidai Bahkan dapat mengatasi gejala kesemutan.

3. Tenteram Otot Tangan

Posisikan tangan secara rileks Supaya bisa otot-otot Bahkan ikut rileks. Hal ini dapat Membantu tubuh mengambil tekanan pada saraf, sehingga saraf Akan segera mengambil oksigen untuk disuplai ke darah.

4. Menggoyangkan Kepala

Kamu Bahkan bisa menggoyangkan kepala secara perlahan untuk meredakan tekanan di sekitar saraf leher. Trik ini mampu meredakan sensasi kesemutan di tangan.

Trik Mengatasi Kesemutan di Kaki

1. Menggoyangkan Jari Kaki

Cobalah menggoyangkan jari kaki secara perlahan Supaya bisa aliran darah kembali mengalir dengan normal.

2. Jangan Duduk Terlalu Lama

Trik berikutnya Merupakan dengan tidak duduk terlalu lama. Bila badan terasa pegal dan kaki mulai merasa kesemutan, segera berdiri dan lakukan pergerakan ringan.

3. Hindari Menyilangkan Kaki

Duduk dengan menyilangkan kaki dalam waktu lama bisa menyebabkan tekanan pada saraf. Untuk itu, coba lakukan sedikit gerakan atau berdiri sejenak Supaya bisa aliran darah tidak terhambat.

4. Banyak Bergerak

Trik lain untuk mengatasi kesemutan Merupakan dengan bergerak sesering Bisa jadi. Hal ini dapat Membantu Mengoptimalkan sirkulasi udara sekaligus meredakan sensasi tidak nyaman akibat kesemutan.

Gangguan Kebugaran yang Menyebabkan Kesemutan

Memang, banyak orang yang mengalami kesemutan karena hal ringan, seperti tangan yang tertindih saat tidur atau duduk bersila dalam waktu lama. Kondisi itu bisa diatasi dengan Trik-Trik yang Sebelumnya disebutkan di atas.

Meskipun demikian demikian, ada Sebanyaknya Dalang kesemutan yang terjadi karena gangguan Kebugaran. Hal itu ditunjukkan dengan gejala kesemutan yang terlalu sering.

Bila kamu kerap mengalami kesemutan, hal tersebut patut diwaspadai. Mengutip Medical News Today, berikut gangguan Kebugaran yang menyebabkan kesemutan:

  • Saraf terjepit
  • Menelan sesuatu yang beracun
  • Berlebihan minuman beralkohol
  • Diabetes
  • Mengalami Cidera yang berulang kali
  • Stroke
  • Radang otak (ensefalitis)
  • Radang sumsum tulang belakang (mielitis transversa)

Bila detikers terlalu sering mengalami kesemutan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Supaya bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ditambah lagi, terapkan Bahkan pola Gaya Hidup Sehat dengan makan-makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Itu Ia delapan Trik mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki secara tepat. Semoga artikel ini dapat Membantu detikers.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Ini 8 Trik Mengatasi Kesemutan pada Kaki dan Tangan Secara Tepat