Bisnis  

Jasa Raharja Dukung Penerapan SIM C1 demi Keamanan Berlalu Lintas

Jasa Raharja Dukung Penerapan SIM C1 demi Keamanan Berlalu Lintas


Jasa Raharja menyampaikan dukungan terhadap kebijakan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1.

Dukungan diungkapkan Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantoro pada peluncuran SIM C-1 oleh Korlantas Polri di Satpas (SIM) Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu. Rivan menilai, sebagai bukti legalitas berkendara, SIM C1 Berniat membagi pengendara sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua sesuai kapasitas mesin kendaraan yang digunakan.

“Setiap kelompok cc sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua memiliki kecepatan dan akselerasi yang berbeda. Oleh karena itu, para pengendara Wajib Sungguh-sungguh lulus tes yang sesuai dengan golongan SIM yang diajukan,” kata Rivan.


Nantinya, klasifikasi tersebut Berniat menjadi filter pengendara yang belum mahir menggunakan sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua berkapasitas mesin besar, sehingga risiko kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir.

Rivan menyatakan, kebijakan ini Berniat dapat memastikan kemampuan dan pengetahuan pengendara terkait kapasitas mesin kendaraan masing-masing. Pada Pada intinya, SIM C1 menjadi salah satu strategi mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

“Tentunya seluruh pengguna Kendaraan Bermotor Roda Dua berkapasitas cc mesin besar besar (moge) Supaya bisa segera memiliki SIM C1. Dengan demikian diharapkan masyarakat lebih patuh dan sadar terhadap aturan dan keselamatan berkendara, serta Setiap Saat mengutamakan berkendara yang berkeselamatan,” ujar Rivan.

Pada kegiatan peluncuran SIM C1, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan bahwa SIM C1 yang diperuntukkan bagi pengguna kendaraan 250-500cc dapat dimiliki oleh orang yang sebelumnya Pernah berlangsung memiliki SIM C dalam durasi minimal 1 tahun, dengan biaya pembuatan sama seperti SIM C.

Adapun pelayanan pembuatan SIM C1 Pernah berlangsung mulai diberlakukan per 27 Mei 2024 di seluruh Satpas di Indonesia.

“Peningkatan kompetensi ini menjadi penting karena secara teknis dan sebagainya, kendaraan cc rendah dengan cc besar sangat berbeda,” kata Aan.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Jasa Raharja Dukung Penerapan SIM C1 demi Keamanan Berlalu Lintas