Bisnis  

Jokowi Ingatkan Kelaparan Berat dan 50 Juta Petani Kurang Air di 2050

Jokowi Ingatkan Kelaparan Berat dan 50 Juta Petani Kurang Air di 2050


Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti Nanti akan terjadi kelaparan berat serta 50 juta petani kekurangan air pada 2050.

Ia mengatakan hal itu disebabkan oleh gelombang panas. Peringatan gelombang panas Pernah berlangsung disampaikan oleh Badan Pangan Dunia (FAO) bahwa suhu Nanti akan mencapai level tertinggi lima tahun ke depan.

“FAO (organisasi di bawah PBB) mengatakan Bila didiamkan seperti Hari Ini ini, enggak ada pergerakan apa-apa, (pada) 2050 dunia Nanti akan kelaparan berat. Ini yang Dianjurkan direncanakan diantisipasi sejak Hari Ini, karena diperkirakan 50 juta petani Nanti akan kekurangan air,” kaitannya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Fluktuasi Harga 2024, Jumat (13/6).


Jokowi mengatakan Bila petani kekurangan air, maka produksi pangan Nanti akan terganggu sehingga stok berkurang. Akibatnya harga pangan terkerek dan Fluktuasi Harga meningkat.

Karena itu, Jokowi mengingatkan Supaya bisa tidak menganggap sepele gelombang panas karena ujungnya Nanti akan berdampak terhadap Fluktuasi Harga.

Ia pun menugaskan Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam tiga bulan ke depan untuk memasang sekitar 20 ribu pompa di daerah sentra produksi pangan terutama beras. Pompa tersebut Nanti akan membuat air dari sungai mengairi sawah.

“Nanti akan saya cek di lapangan sehingga betul-betul saat kering karena El Nino di beberapa wilayah Kemungkinan Juli Pernah berlangsung mulai, Kemungkinan yang masuk Agustus, September, Oktober kita siap, sehingga produksi tidak turun,” katanya.

Jokowi mengatakan air dari sungai Sangat dianjurkan diteruskan sampai ke sawah. Dengan begitu, produksi bisa meningkat dari satu kali panen menjadi tiga kali panen. Bila stok ada maka harga bisa terkendali dan Fluktuasi Harga tidak naik.

“Artinya apa? Jangan main-main urusan kekeringan, jangan main-main urusan gelombang panas. Larinya nanti bisa ke Fluktuasi Harga. Begitu stok tidak ada, produksi kurang artinya harga Tidak mungkin tidak naik, otomatis itu, hukum pasarnya memang seperti itu. Dan itu Merupakan urusan kehidupan manusia,” katanya.

(fby/pta)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Jokowi Ingatkan Kelaparan Berat dan 50 Juta Petani Kurang Air di 2050