Bisnis  

Jokowi Sebut Daya Saing RI Naik ke 27, Kalahkan Jepang Sampai saat ini Inggris

Jokowi Sebut Daya Saing RI Naik ke 27, Kalahkan Jepang Sampai saat ini Inggris


Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) menyebut peringkat daya saing Indonesia naik ke posisi 27 dunia dari yang sebelumnya 34 Sesuai aturan data Indeks World Competitiveness Ranking 2024.

Jokowi mencatat capaian itu bahkan mampu mengalahkan Sebanyaknya negara di dunia, dari Jepang Sampai saat ini Inggris.

“Saya senang Alhamdulillah daya saing kita di tahun 2024 naik signifikan. Dan yang saya senang ini mengalahkan Inggris yang berada di rangking 28,” kata Jokowi dalam Sidang Tim Pembantu Presiden Paripurna di Istana negara, Jakarta, Senin (24/6).


Menurut Jokowi, peringkat Indonesia secara kumulatif meningkat karena salah satunya Perundang-Undangan Cipta Kerja yang mampu membuat Indonesia meningkat 8 level.

Pun dunia Usaha Indonesia menurutnya semakin kompetitif, baik karena ketenagakerjaan maupun produktivitas yang naik menjadi level 6.

Jokowi melanjutkan peringkat daya saing Indonesia Bahkan mengalahkan Malaysia yang berada di peringkat 34, Jepang di peringkat 38, Filipina di peringkat 52, dan Turki di peringkat 53.

“Kita berada di rangking 27 yang patut kita syukuri. Karena dari sinilah kita tahu di mana kita berada, di posisi mana kita berada,” kata Ia.

Ia menyebut capaian itu tidak mudah didapatkan di tengah kondisi Politik Global dan Ekonomi Dunia yang tidak menentu. Bahkan, Sebanyaknya negara menurutnya justru mengalami penurunan peringkat.

“Jepang kenapa turun 3 peringkat itu karena pelemahan Nilai Mata Uang dan karena penurunan produktivitas. Malaysia turun sampai 7 peringkat Bahkan karena pelemahan Nilai Mata Uang dan masalah stabilitas politik,” imbuh Jokowi.

(khr/sfr)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Jokowi Sebut Daya Saing RI Naik ke 27, Kalahkan Jepang Sampai saat ini Inggris