Bisnis  

Jokowi Sebut Surplus Beras di Kotawaringin Timur Bakal Dipasok ke IKN

Jokowi Sebut Surplus Beras di Kotawaringin Timur Bakal Dipasok ke IKN


Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) menargetkan surplus atau kelebihan beras dari hasil panen padi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng Berniat dipasok ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sebab menurutnya, Kabupaten Kotawaringin Timur Di waktu ini menjadi salah satu daerah penyangga yang memiliki peran penting untuk IKN.

“Kalau nanti indeksnya naik dari yang biasanya panen satu kali jadi tiga kali, artinya ada kelebihan produksi, dari situlah nanti Berniat dibawa ke IKN,” kata Jokowi saat meninjau pompanisasi di Desa Bapeang, Kotawaringin Timur, Kalteng, Rabu (26/6).


Tidak seperti tidak hanya Kabupaten Kotawaringin Timur saja, Jokowi Bahkan membuka peluang kabupaten/kota lain yang kelebihan produksi untuk dibawa ke IKN.

Jokowi menilai program pompanisasi yang Di waktu ini gencar dilakukan ditargetkan mampu Mengoptimalkan frekuensi panen di wilayah produksi. Sebab, air tersebut dipompa dan dialirkan ke sawah dan ladang Supaya bisa tidak mengalami kekeringan yang berujung gagal panen.

Pemerintah pun Berniat mendistribusikan 70 ribu unit pompa ke seluruh Indonesia untuk mengantisipasi dampak kekeringan akibat El Nino.

“Jadi yang dulunya dua kali panen, Mungkin tiga. Yang sebelumnya satu kali panen, Mungkin dua atau tiga,” ujar Jokowi.

(khr/pta)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Jokowi Sebut Surplus Beras di Kotawaringin Timur Bakal Dipasok ke IKN