Berita  

Jubir Prabowo Respons Ide Pembentukan Angkatan Siber TNI

Jubir Prabowo Respons Ide Pembentukan Angkatan Siber TNI


Jakarta, CNN Indonesia

Juru bicara Pembantu Presiden Defender Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, merespons ide pembentukan angkatan siber sebagai matra keempatĀ TNI setelah Angkatan Darat, Laut, dan Udara.

Dahnil mengatakan kajian terkait hal tersebut Dalam proses dilakukan. Ia menjelaskan dinamika ancaman militer, nirmiliter dan hybrid menjadi hal yang diperhatikan Kementerian Defender, termasuk ancaman siber.

“Jadi usulan tersebut menjadi perhatian serius, dan dipersiapkan secara matang,” kata Dahnil saat dihubungi pada Sabtu (17/8).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia RI Bambang Soesatyo menilai TNI Pernah berlangsung seharusnya membentuk angkatan siber.

Hal tersebut Bamsoet sampaikan ketika menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia pada Jumat (16/8) lalu.

“Pernah berlangsung saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra keempat TNI dengan menghadirkan angkatan siber,” kata Bamsoet saat itu.

[Gambas:Video CNN]

Bamsoet menilai pembentukkan angkatan siber di Indonesia itu krusial. Ia menyinggung peristiwa peretasan data nasional Sampai sekarang keamanan siber Indonesia yang masih rendah.

Ia Bahkan menyinggung perkembangan militer dunia yang tak lagi mengutamakan kekuatan militer konvensional dengan mengedepankan kekuatan prajurit di lapangan.

“Dunia Pernah berlangsung memasuki era internet of military things, internet of battlefield things, di mana operasi militer semakin dapat dikendalikan dari jarak yang sangat jauh, dengan lebih Unggul, tepat, dan akurat,” jelas Ia.

Lebih lanjut, Bamsoet Bahkan menyinggung kondisi Politik Global internasional Indonesia yang berada di Tempat yang rawan. Oleh karena itu, menurut Bamsoet, Angkatan Siber sebagai matra keempat di Indonesia penting untuk dibentuk.

“Di sisi lain (Indonesia) Bahkan berada dalam arena pertarungan Politik Global Rusia, Tiongkok, dan Amerika,” tutur Ia.

(yoa/pra)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Jubir Prabowo Respons Ide Pembentukan Angkatan Siber TNI