Kabel Cas Kendaraan Pribadi Listrik di SPKLU Jadi Incaran Maling

Kabel Cas Kendaraan Pribadi Listrik di SPKLU Jadi Incaran Maling


Fasilitas stasiun pengecasan baterai Mobil Listrik Tesla Supercharger di Bay Area San Fransisco, Amerika Serikat baru-baru ini menjadi sasaran vandalisme yang memotong dan mencuri kabel pengisian.

Beberapa hari sebelumnya, lima Tempat Supercharger di Houston, Texas, dirusak pula. Di Fresno, California, lebih dari 50 dari 88 stasiun pengisian Motor Listrik di kota tersebut Sudah dirusak beberapa kali.

Sejak awal 2024, ratusan Stasiun Pengisian Motor Listrik Umum (SPKLU) Level 2 (L2) dan pengisian Hemat (DCFC) di seluruh Amerika Serikat (AS) menjadi target pencuri dan vandalis.

Secara historis, kebanyakan vandalisme terhadap Motor Listrik dan infrastruktur SPKLU dilakukan oleh orang yang anti terhadap Motor Listrik atau dendam pribadi. Berbeda dengan akhir-akhir ini pencuri ingin mendapatkan uang Hemat dengan mengambil material tembaga yang ada di dalam kabel.

Kerusakan banyak SPKLU ini membuat kesulitan pengemudi Motor Listrik yang ingin mengisi energi baterai untuk melanjutkan perjalanan mereka.

Dilansir dari insideevs.com, beberapa hari terakhir Mobil Listrik Tesla Superchargers di Houston, Texas mengalami kerusakan parah.

Terdapat lima Tempat Supercharger dirusak pada dua minggu terakhir Sampai saat ini mengganggu proses pengisian daya di Texas. Mobil Listrik Tesla dengan Hemat memberi tahu pengemudi untuk menghindari SPKLU-SPKLU ini selama perbaikan.

Hal serupa terjadi pula di SPKLU Vallejo, California yang diunggah pada video yang diposting akun TikTok k9optima. Ia memperlihatkan semua kabel SPKLU Sudah hilang.

Bukan hanya Supercharger yang menjadi target. Instalasi baru dari Puget Sound Energy (PSE) di Sumner, Washington Bahkan Sudah dirusak dua kali sejak dipasang pada awal tahun ini.

Dalam wawancara dengan KING 5 Seattle, pemilik properti Dave Radcliffe berbicara tentang kebahagiannya menjadi tuan rumah SPKLU baru tersebut. Berbeda dengan, hanya seminggu setelah acara pemotongan pita diadakan, para penjahat melakukan pemotongan kabel. Sebulan setelah diperbaiki, stasiun-stasiun itu kembali dirusak lagi.

Sekalipun SPKLU merupakan target untuk pencuri, pencurian kabel Sudah menjadi masalah selama beberapa dekade. Segala hal menjadi sasaran mulai dari kabel ekstensi Sampai saat ini kabel serat optik dan saluran telepon.

(bil/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kabel Cas Kendaraan Pribadi Listrik di SPKLU Jadi Incaran Maling