Kaki Bengkak Bikin Bumil Insecure, Begini Trik Mudah Mengatasinya

Kaki Bengkak Bikin Bumil Insecure, Begini Trik Mudah Mengatasinya


Jakarta

Istri Denny Sumargo, Olivia Allan mengalami pembengkakan kaki ketika Dalam proses hamil. Hal itu diketahui dari unggahan video Denny Sumargo melalui Instagram stories-nya.

Dalam video singkat tersebut, nampak Denny tengah bercanda dengan Olivia karena perubahan bentuk kaki yang drastis. Dalam video itu, kaki Olivia nampak membesar daripada biasanya.

Terlepas dari kejadian yang dialami oleh Olivia Allan, dokter spesialis obstetri dan ginekologi dr Muhammad Fadli, SpOG menjelaskan bahwa kaki bengkak semasa hamil merupakan hal yang sangat umum terjadi.


Semasa kehamilan, Sebanyaknya pembuluh darah di dalam tubuh tertekan sehingga darah terbendung di bagian bawah tungkai. Kondisi ini membuat aliran darah ke jantung menjadi sedikit terhambat.

Meskipun demikian demikian secara umum tidak berbahaya, dr Fadli mengatakan tidak ada salahnya ibu hamil memeriksakan kondisi secara rutin terkait kondisi tubuhnya. Dalam beberapa kasus, pembengkakan pada tubuh ibu hamil bisa menjadi tanda masalah serius.

“Dianjurkan dipastikan bahwa bengkaknya kaki sesuatu yang fisiologis, bukan patologis. Patologis itu ada sesuatu yang salah, contohnya karena keracunan kehamilan, hipertensi, atau karena preeklampsia,” kata dr Fadli ketika dihubungi detikcom, Rabu (24/7/2024).

“Bisa Bahkan kekurangan albumin, kekurangan protein, atau Bahkan emang adanya kelainan pada ginjal,” sambungnya.

dr Fadli menuturkan terdapat beberapa ciri pembengkakan yang masih normal. Termasuk bengkak baru muncul saat ibu beraktivitas, bukan ketika bangun tidur.

“Ibu bisa melakukan seperti elevasi kakinya saat tidur, diganjal bantal satu dua Supaya bisa kaki lebih tinggi daripada jantung. Itu Nanti akan Mempercepat darah kembali ke jantung,” jelas dr Fadli.

“Pembengkakan Kenyataannya tidak hanya pada kaki, misalnya ada kelainan itu tadi, bisa saja pembengkakannya seluruh tubuh. Itu biasanya kalau ada ditambah kelainan ginjal. Jadi tidak hanya kaki, bahkan mukanya Bahkan bisa bengkak,” ujarnya.

Berikut beberapa Trik meredakan kaki bengkak saat hamil dikutip dari NHS:

  • Hindari berdiri untuk waktu yang lama
  • Kenakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman
  • Cobalah untuk beristirahat dengan kaki diangkat
  • Olahraga ringan
  • Cobalah untuk berjalan-jalan secara teratur di siang hari untuk melancarkan aliran darah di kaki

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Kaki Bengkak Bikin Bumil Insecure, Begini Trik Mudah Mengatasinya