Kantor Pusat Yamaha Kendaraan Bermotor Roda Dua Digerebek Pemerintah Jepang

Kantor Pusat Yamaha Kendaraan Bermotor Roda Dua Digerebek Pemerintah Jepang


Kementerian Transportasi Jepang melakukan inspeksi di kantor pusat Yamaha Kendaraan Bermotor Roda Dua di Iwata, Prefektur Shizuoka pada Rabu (5/6) buntut skandal sertifikasi uji keselamatan.

Sertifikat model diperlukan untuk produksi massal Kendaraan Pribadi dan sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua di Jepang. Yamaha menjadi perusahaan kedua yang diperiksa kementerian setelah Toyota diperiksa pada Selasa.

Pemerintah menggeledah pabrik Yamaha, setelah mengonfirmasi bahwa Yamaha dan empat produsen kendaraan lainnya Pernah menyerahkan data kinerja palsu. Selain Yamaha dan Toyota merek lain terlibat dalam skandal ini Merupakan Honda, Suzuki dan Mazda.

Kementerian Bahkan diperkirakan Nanti akan melakukan inspeksi langsung terhadap Mazda, Honda dan Suzuki untuk memutuskan Hukuman Politik administratif kepada mereka beserta rinciannya.

Sebanyak empat pejabat dari kementerian memasuki kantor pusat Yamaha sekitar pukul 09:10 waktu setempat.

Mereka memeriksa dokumen terkait dan prosedur pengujian untuk menyelidiki rincian penyimpangan dan melakukan wawancara dengan pejabat dan eksekutif perusahaan.

“Kami menangani masalah ini dengan serius dan sangat menyesali tindakan kami,” kata juru bicara Yamaha, dikutip dari Japan News.

Yamaha Pernah melakukan pengujian tingkat kebisingan pada Kendaraan Bermotor Roda Dua sport YZF-R1 dalam kondisi keluaran mesin yang berbeda dari Syarat peraturan.

Perusahaan Bahkan memalsukan laporan uji tekanan suara untuk klakson YZF-R3 dan TMAX. Produksi kedua model tersebut Pada saat ini Pernah dihentikan.

Yamaha Pernah memproduksi total sekitar 7.500 unit dari ketiga model tersebut. Perusahaan mengklaim bahwa ketiga model tersebut tidak memiliki masalah apa pun saat dikendarai.

Justru kementerian Nanti akan secara independen mengkonfirmasi kepatuhan model tersebut terhadap standar keselamatan dan lingkungan, kemudian mempublikasikan hasilnya. 

(can/fea)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kantor Pusat Yamaha Kendaraan Bermotor Roda Dua Digerebek Pemerintah Jepang