Kemarau di Sebagian Wilayah RI ‘Tertunda’ Dipicu Kedatangan Rossby

Kemarau di Sebagian Wilayah RI ‘Tertunda’ Dipicu Kedatangan Rossby


Jakarta, CNN Indonesia

Musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia ‘tertunda’ karena masih berpotensi diguyur hujan dalam sepekan ke depan. Berikut daftar daerah yang berpotensi hujan sepekan ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam laporan Prospek Cuaca Mingguan Periode 26 Juli – 1 Agustus 2024, mengatakan secara umum wilayah Indonesia bagian selatan berada dalam periode puncak musim kemarau.

“Meski demikian, dalam sepekan ke depan, terdapat peningkatan potensi hujan di wilayah Indonesia Tengah Sampai sekarang Timur, seperti Bali, NTB, NTT, Kalteng, Kaltara, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” kata BMKG.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut BMKG hal ini dipengaruhi oleh Gelombang Ekuator Rossby yang diprakirakan aktif di wilayah tersebut.

Gelombang Ekuator Rossby merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat di sepanjang wilayah ekuator (20LU – 20LS) dengan periode kurang dari 72 hari. Gelombang Rossby umumnya bisa bertahan 7-10 hari di wilayah Indonesia.

Sekalipun demikian Gelombang Ekuator Rossby Menyajikan dampak yang maksimum di sekitar wilayah 12-15 LU, BMKG menyebut pengaruhnya masih dirasakan di Indonesia berupa peningkatan intensitas hujan. Dampak Ekuator Rossby di Indonesia Berencana menjadi lebih ekstrem Bila terjadi Pada saat yang sama dengan aktifnya Trend Populer MJO pada periode dan Tempat yang sama.

Lebih lanjut, menurut BMKG, faktor pemanasan skala lokal turut berkontribusi dalam proses pengangkatan massa udara dari permukaan bumi ke atmosfer.

Analisis dan pantauan BMKG dalam sepekan terakhir curah hujan di wilayah Indonesia bagian selatan masih cukup minim sejak tanggal 19-25 Juli 2024. Berbeda dengan pada tanggal 22 Juli hujan dengan intensitas lebat terukur di Stasiun Meteorologi Sultan Bantilan, Sulteng (100 mm/hari) dan Stasiun Meteorologi Andi Jemma, Sulsel (66 mm/hari).

Faktor Dalang hujan

BMKG mengungkap ada Sebanyaknya faktor yang membuat potensi hujan saat musim kemarau di Sebanyaknya wilayah Tanah Air. Berikut di antaranya:

Pertama, dalam skala global, nilai Indian Ocean Dipole (IOD), Souther Oscillation Index (SOI), dan Nino 3.4 tidak signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Kedua, Madden Julian Oscillation (MJO) berada pada fase netral tidak berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Ketiga, aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial diprakirakan aktif di Sulawesi (Gorontalo, Sulut, Sulteng), Bali, NTB, NTT, Maluku, Malut, dan Papua sejak 25 Juli Sampai sekarang awal Agustus 2024.

“Gelombang tersebut Membantu potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut,” ujar BMKG.

Keempat, sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera pasifik sebelah utara Papua. Sirkulasi Siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar Samudera pasifik sebelah utara Papua.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Perairan barat Sumut dan Sulawesi bagian tengah. Daerah konfluensi terpantau di wilayah Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Kondisi tersebut mampu Mengoptimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

BMKG Bahkan mencatat peningkatan kecepatan angin Sampai sekarang lebih dari 25 knot di Laut Andaman, Samudera Hindia barat daya Banten, dan Laut Arafuru, yang mampu Mengoptimalkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Ditambah lagi dengan, Labilitas Lokal Kuat yang Membantu proses konvektif pada skala lokal terdapat di Kaltim, Kalteng, Sulsel, Sulbar, NTT, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

“Secara umum, kombinasi Trend Populer-Trend Populer cuaca tersebut diprakirakan menimbulkan potensi cuaca signifikan dalam periode 26 Juli – 1 Agustus 2024,” kata BMKG.

Daftar daerah potensi hujan Tengah-lebat yang disertai kilat dan angin kencang selama sepekan ke depan:

Aceh, Sumut, Riau, Bengkulu, Kalbar, Kalteng, Kaltara, Kaltim, Malut, NTT, Sulbar, Sultra, Sulteng, Sulsel, Malut, Papua, Papbar, Papua Pegunungan, Papbar Daya, Papua Selatan.

Daftar daerah potensi terkena angin kencang selama sepekan ke depan:

Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng, Sulsel, Maluku, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papbar.

(tim/dmi)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kemarau di Sebagian Wilayah RI ‘Tertunda’ Dipicu Kedatangan Rossby