Bisnis  

Kembangkan Energi Terbarukan, Pertamina NRE Bangun PLTS di Bangladesh

Kembangkan Energi Terbarukan, Pertamina NRE Bangun PLTS di Bangladesh


Jakarta, CNN Indonesia

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) bersama Coal Power Generation Company Bangladesh Limited (CPGCBL) sepakat mengembangkan energi terbarukan di Bangladesh. Pengembangan itu diwujudkan dengan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 500 MW di daerah Moheshkhali dan di berbagai area lain yang potensial di Bangladesh.

Kesepakatan Pertamina NRE dan CPGCBL dituangkan melalui Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Managing Director CPGCBL Abul Kalam Azad dan Pelaksana Tugas CEO Pertamina NRE Fadli Rahman. Disaksikan Chief Financial Officer Pertamina NRE Nelwin Aldriansyah, MoU ini diteken di Crystal Ballroom Hotel Intercontinental, Dhaka, Bangladesh, Senin (15/7).

“Kami menyambut sangat baik kerja sama antara CPGCBL dan Pertamina NRE. CPGCBL Merupakan perusahaan listrik yang terkemuka di Bangladesh. Dan Pertamina NRE memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengelola portofolio energi bersih,” ujar Nelwin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari MoU government to government (G2G) yang ditandatangani Indonesia dan Bangladesh pada 2017 silam.

Terlebih lagi, MoU ini Bahkan Berniat mencakup pembangunan fasilitas pendukung dan menjadi dasar pengembangan kerja sama lainnya Mengikuti syarat dan Syarat yang disepakati bersama.

Nelwin berujar, kerja sama strategis ini bakal menandai langkah Ke arah pemanfaatan solusi dan pengembangan infrastruktur energi terbarukan di Bangladesh.

“Saya yakin kemitraan strategis ini menjadi pondasi untuk kerja sama yang tidak hanya Berniat Mengoptimalkan kemampuan operasional kami, tetapi Bahkan mendorong pertumbuhan, inovasi, kesuksesan bersama, serta Membantu keamanan energi nasional Bangladesh,” kata Nelwin.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, kerja sama dengan CPGCBL merupakan salah satu upaya Pertamina NRE dalam menangkap peluang untuk ekspansi Usaha di luar negeri.

“Kami Membantu ekspansi Pertamina NRE, sejalan dengan kompetensinya dalam pengelolaan energi baru terbarukan. Sebagai subholding, Pertamina NRE Bahkan menunjukkan komitmennya untuk memperbesar bisnisnya secara mandiri,” jelas Fadjar.

Pertamina NRE sendiri berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi dan infrastruktur inovatif guna Membantu transisi energi. Pada Pada saat ini, Pertamina NRE Sudah mengoperasikan lebih dari 2,7 Gigawatt portofolio pembangkit listrik yang mencakup gas to power, solar PV, geothermal, dan biogas.

Adapun kerja sama ini Bahkan disambut baik oleh CPGCBL. Abul Kalam menyampaikan, Pertamina NRE memiliki pengalaman panjang dan portofolio Usaha energi bersih yang mumpuni di Indonesia.

“Semoga kerja sama ini bisa mendorong pengembangan energi bersih di Bangladesh dan saling menguntungkan bagi dua belah pihak,” ujar Abul.

Sebagai informasi, CPGCBL merupakan perusahaan milik Pemerintah Republik Rakyat Bangladesh. Perusahaan ini didirikan sebagai perusahaan publik dengan tujuan Usaha utama untuk menghasilkan listrik.

Karena itu, penandatanganan MoU antara CPGCBL dan Pertamina NRE merupakan tonggak penting dalam perjalanan Ke arah masa depan energi berkelanjutan bagi masyarakat Bangladesh. Kemitraan ini diharapkan dapat membawa kemajuan yang signifikan di sektor energi terbarukan di Bangladesh.

(ory/ory)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kembangkan Energi Terbarukan, Pertamina NRE Bangun PLTS di Bangladesh