Bisnis  

Kemendag Buka Suara soal Investigasi Organisasi Eropa Buntut Pembelian Barang dari Luar Negeri Biodiesel

Kemendag Buka Suara soal Investigasi Organisasi Eropa Buntut Pembelian Barang dari Luar Negeri Biodiesel


Pemerintah angkat suara soal proses investigasi yang dilakukan Komisi Organisasi Eropa terhadap Pembelian Barang dari Luar Negeri biodiesel dari Indonesia yang diduga menghindari bea masuk.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Antar Negara, Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono menjelaskan Kemendag Sampai saat ini terus memonitor perkembangan proses investigasi tersebut.

Hanya saja, investigasi itu disebut tidak langsung dilakukan ke Indonesia, melainkan ke RRT dan Inggris.


“Selama proses investigasi, Kemendag terus memonitor perkembangan proses tersebut karena Komisi UE tidak melakukan investigasi ke Indonesia, Sekalipun ke RRT dan Inggris,” kata Djatmiko, saat dihubungi, Minggu (2/6).

Ia mengungkap proses investigasi sebetulnya Pernah dilakukan sejak 17 Agustus 2023 lalu. Proses investigasi mestinya dilakukan selama sembilan bulan.

Sekalipun, petioner menarik permohonannya pada 19 Januari 2024. Komisi Organisasi Eropa kemudian mengeluarkan Comission Implementing Decision (EU) 2024/1273 yang menghentikan proses investigasi pada 7 Mei 2024.

Djatmiko menambahkan pemerintah RI Di waktu ini Dalam proses memperjuangkan akses pasar biodiesel Indonesia di pasar Organisasi Eropa melalui proses litigasi di WTO dimana UE menerapkan bea masuk anti Bantuan Pemerintah atas produk biodiesel Indonesia.

“Proses litigasi Sebelumnya dimulai sejak DSB menyetujui permintaan pembentukan panel oleh Indonesia pada 27 November 2023 dan sidang pertama direncanakan pada semester ke-2 tahun 2024,” katanya.

Sebelum ini, UE Pernah menyelidiki biodiesel Indonesia apakah diekspor melalui China atau Inggris untuk menghindari kewajiban bea masuk biodiesel UE. Penyelidikan Organisasi Eropa ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari permintaan awal dari European Biodiesel Board, sebuah asosiasi produsen biodiesel Eropa.

Dilansir dari Reuters, investigasi dilakukan seiring Keluhan Masyarakat Prancis, Jerman, dan Belanda Supaya bisa UE menerapkan pemeriksaan yang lebih ketat terhadap Pembelian Barang dari Luar Negeri biofuel dari negara-negara Asia.

“Permintaan tersebut mengandung bukti yang cukup bahwa tindakan pemulihan kewajiban yang ada terhadap Pembelian Barang dari Luar Negeri produk yang bersangkutan dihindari dengan Pembelian Barang dari Luar Negeri produk yang Dalam proses diselidiki,” demikian keterangan Komisi Eropa dalam jurnal resmi Organisasi Eropa, pada 2023 lalu.

“Pernah berlangsung perubahan pola perdagangan yang melibatkan Penjualan Barang ke Luar Negeri dari Indonesia dan China serta Inggris ke Organisasi Eropa setelah pemberlakuan tindakan pemulihan kewajiban yang ada,” lanjut keterangan tersebut.

(thr/DAL)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kemendag Buka Suara soal Investigasi Organisasi Eropa Buntut Pembelian Barang dari Luar Negeri Biodiesel