Bisnis  

Kemendag dan Pertamina Patra Niaga Komitmen Perketat Pengawasan SPBE

Kemendag dan Pertamina Patra Niaga Komitmen Perketat Pengawasan SPBE


Dalam upaya memastikan kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik, Pembantu Presiden Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, bersama dengan Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Pertamina, berkomitmen untuk memperketat pengawasan terhadap takaran isi tabung LPG.

Langkah ini diambil setelah Zulkifli melakukan pemeriksaan menyeluruh Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Koja, Jakarta Utara, Senin (27/5).

Pada kunjungannya tersebut, ia menekankan pentingnya ketertiban dalam tahap pertama penyesuaian harga. Hal ini dilakukan untuk melindungi konsumen dan masyarakat luas.


“Kemarin Pernah bensin, hari ini gas. Terima kasih kepada Pertamina,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/5).

Lebih lanjut ia berharap Pertamina terus bisa melakukan pengawasan. Ditambah lagi dengan ia Bahkan meminta peran pemerintah daerah, terutama Bupati, untuk ikut melakukan pengawasan, karena distribusi LPG 3 kg ini kewenangannya ada pada mereka.

Zulkifli menegaskan bahwa Manakala upaya pengawasan terhadap takaran isi tabung LPG tidak berjalan efektif, timnya Berencana turun tangan langsung. Oleh karena itu, mereka berencana untuk mengunjungi hampir seluruh provinsi di Indonesia yang memiliki SPBE.

Terlebih, dalam inspeksi di Koja Zulkifli menemukan beberapa ketidaksesuaian pada pengisian tabung LPG di SPBE. Ia menemukan ada residu atau sisa gas di dalam tabung LPG yang mempengaruhi jumlah pengisian ke tabung LPG.

Ia menyebut, sebelumnya Sebanyaknya SPBE Bahkan Pernah diberikan Pembatasan administrasi oleh Pertamina Patra Niaga. Dengan demikian, diharapkan keterisian tabung LPG sesuai.

“Di waktu ini sanksinya administrasi, kalau Pernah diingatkan dan tidak lagi bisa diingatkan ya dicabut, kalau semua dipidana kan susah, nanti dapat gasnya kita repot Bahkan. Pertama kita tertibkan dulu,” papar Zulkifli.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, yang Bahkan mendampingi Zulkifli di SPBE mengatakan, pihaknya Berencana bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan pemerintah daerah untuk mengawasi SPBE dalam pengisian tabung LPG.

“Kami dari Pertamina Patra Niaga selaku Subholding yang ditugaskan untuk melakukan pendistribusian dan pengawasan, kami Berencana terus bekerja sama dengan Kemendag Serta pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan-pengawasan,” katanya.

“Jadi, terkait dengan hal-hal yang tadi disampaikan oleh Pak Pembantu Presiden, kami support Serta Berencana kami laksanakan dengan maksimal. Kami Bahkan Berencana melakukan koordinasi dengan kementerian-kementerian terkait untuk dapat Menyajikan solusi yang Unggul bagi pelayanan ke masyarakat,” pungkas Riva.

Langkah ini diharapkan dapat memastikan keterisian tabung LPG sesuai standar, sehingga masyarakat mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan yang mereka bayar. Keberlanjutan pengawasan ini Berencana menjadi kunci dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap distribusi LPG di Indonesia.

(rir)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kemendag dan Pertamina Patra Niaga Komitmen Perketat Pengawasan SPBE