Bisnis  

Kemenkop UKM Dukung Usaha Kecil Menengah Makeup RI Berdaya Saing Internasional

Kemenkop UKM Dukung Usaha Kecil Menengah Makeup RI Berdaya Saing Internasional


Industri Pesona Diri Indonesia kian menunjukkan geliatnya. Hal ini terlihat dari pesatnya pertumbuhan pelaku usaha Makeup dan nilai Produk Ekspor Makeup, wewangian, dan essential oils yang mencapai US$770,8 juta.

Melihat potensi besar ini, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) terus berkomitmen untuk memberdayakan Usaha Kecil Menengah Makeup dan perawatan diri Supaya bisa dapat bersaing di kancah internasional.

Dukungan tersebut ditegaskan oleh Staf Khusus Pembantu Presiden Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Fiki Satari saat menghadiri acara Jakarta X Beauty 2024 di Jakarta Convention Center, Kamis (6/6).


Dalam sambutannya, Fiki menyampaikan beberapa Skor utama bahwa Usaha Kecil Menengah Pesona Diri dan perawatan diri memiliki kesempatan besar untuk bersaing di pasar internasional.

“Pertama Merupakan pemerintah Sebelumnya membuat regulasi untuk melindungi pasar lokal Supaya bisa Usaha Kecil Menengah bisa bersaing dengan produk asing,” kata Fiki dalam acara yang bertajuk “Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Pesona Diri Berdaya Saing Internasional” dikutip Rabu (19/6).

Kedua, Kemenkop UKM Bahkan memediasi akses pembiayaan melalui mitra seperti inkubator, agregator, akselerator, dan enabler. Kemudian yang terakhir, Kemenkop UKM Sebelumnya membuat inisiatif Rumah Produksi Bersama (RPB) dari hulu ke hilir.

“Contoh dari RPB Merupakan salah satu bahan baku essential oil yaitu Nilam yang berlokasi di Aceh,” ujar Fiki.

Lebih lanjut, Fiki menuturkan bahwa pemerintah Nanti akan Setiap Saat Membantu kemajuan industri di Indonesia, khususnya Usaha Kecil Menengah Pesona Diri dan perawatan diri, Supaya bisa dapat dikenal secara luas di kancah internasional.

Salah satu langkah konkretnya Merupakan dengan Mempercepat pendaftaran BPOM bagi Usaha Kecil Menengah melalui Smesco Indonesia, sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenkop UKM.

Sejalan dengan yang disampaikan Kemenkop UKM, Group CEO of ParagonCorp Harman Subakat meyakini, produk-produk yang dimiliki di bawah naungan perusahaannya bisa semakin dikenal di luar negeri dalam beberapa tahun ke depan.

“Produk-produk kami selain di Indonesia, Bahkan Sebelumnya dikenal di Malaysia. Hal ini membuktikan kalau memang produk Paragon memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan brand luar negeri,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini ia menambahkan, event Pesona Diri Jakarta X Beauty 2024 menjadi wadah yang tepat dan sangat dibutuhkan bagi brand-brand Pesona Diri untuk bisa semakin dikenal secara luas.

Ditambah lagi dengan, acara ini Bahkan diyakini Nanti akan menumbuhkan semangat untuk membanggakan Indonesia dengan produk-produk lokal Unggul.

Sementara CEO Female Daily Network, Hanifa Ambadar, menjelaskan, pada tahun ini Female Daily X Beauty membawa tiga pesan utama yaitu Keberlanjutan, Inovasi, dan Inklusivitas.

“Kami meyakini dengan ketiga pilar tersebut bisa mewujudkan masa depan Pesona Diri Indonesia yang Setiap Saat mengikuti tren global Supaya bisa dapat bersaing secara internasional, dan Singkatnya Menyajikan kontribusi yang besar terhadap Peningkatan Ekonomi lewat sektor Pesona Diri dan perawatan diri,” ujarnya.

Adapun Jakarta X Beauty 2024 diselenggarakan selama empat hari sejak 6-9 Juni 2024 di Jakarta Convention Center. Event Pesona Diri ini menghadirkan lebih dari 400 brand, dan dihadiri oleh para pecinta Pesona Diri, pelaku Usaha Pesona Diri, Serta figur publik.

(inh/inh)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kemenkop UKM Dukung Usaha Kecil Menengah Makeup RI Berdaya Saing Internasional