Bisnis  

Kementan-PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Ekonomi Kerakyatan

Kementan-PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Ekonomi Kerakyatan


Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Pembantu Presiden Pertanian, Sudaryono, menghadiri peresmian pengembangan ekosistem biomassa di Tasikmalaya pada Kamis (26/9). Ia menyebut Kementan dan PLN bakal mengedukasi petani RI, untuk mendayagunakan lahan.

Peresmian ekosistem biomassa berbasis ekonomi kerakyatan dan pertanian terpadu ini, digelar di Desa Bojongkapol, Kecamatan Bojonggambir, Tasikmalaya.

Sudaryono mengatakan ini Merupakan kolaborasi antara PLN dengan Kementerian Pertanian (Kementan), yang Akan segera dikembangkan di daerah lainnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita Kementerian Pertanian dan PLN Akan segera perluas kegiatan kita ini di seluruh Indonesia dari 46 pembangkit PLTU kita yang ada di seluruh Indonesia, tentunya untuk pengembangan ekosistem biomassa berbasis ekonomi kerakyatan dan pertanian terpadu,” kata Sudaryono dalam keterangannya.


Ia menyebut Kementan dan PLN Di waktu ini Bahkan tengah mengedukasi petani di Indonesia, untuk mendayagunakan lahan untuk manfaat lebih.

“Maksudnya begini, kalau ada lahan nganggur, bisa ditanami yang lain, silahkan ditanam padi, tanam jagung, tanam tanaman pangan yang lain,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk lahan yang masuk kategori kritis misalnya di lahan tandus, bisa berkolaborasi dengan PLN untuk ditanami Kaliandra dan Indigofera karena memiliki banyak manfaat.

Adapun manfaat dari kedua tanaman itu membuat lahan semakin subur, daunnya memiliki kandungan protein, dan kandungan gizi yang baik bagi ternak.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN Energi Primer Indonesia Iwan Agung Firstantara menyampaikan bahwa acara yang digelar merupakan pengembangan (scale up) yang Sebelumnya dirintis tahun lalu.

“Kita melakukan scale up, yang dulunya 30 ribu pohon di 30 hektar, Di waktu ini Bahkan kita melakukan scale up, nanti 100 ribu pohon di 100 hektar Ditambah lagi dengan kita Bahkan nanti bersama dengan Gapoktan dan dengan masyarakat setempat untuk penanaman tumpang sari yang ada di antara tanaman energi ini,” kata Iwan.

(dna)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kementan-PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Ekonomi Kerakyatan