Berita  

Kendaraan Bus Study Tour SMPN 3 Depok Kecelakaan di Bali, Tak Ada Korban Jiwa

Kendaraan Bus Study Tour SMPN 3 Depok Kecelakaan di Bali, Tak Ada Korban Jiwa


Sebuah Kendaraan Bus pengangkut rombongan karya wisata atau study tour siswa-siswi SMP Negeri 3 Depok, Sleman, DIY mengalami kecelakaan di Bali, Sabtu (18/5).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana mengatakan Kendaraan Bus tersebut tertimpa tiang listrik ketika Dalam proses dalam perjalanan dari Bedugul, Bali. Dari foto dan video beredar, nampak tiang listrik beton menimpa atap bagian belakang Kendaraan Bus.


“Korban jiwa enggak ada, semua baik-baik saja,” kata Ery saat dihubungi, Minggu (19/5).

Menurut Ery, Dalang robohnya tiang listrik diduga karena konstruksinya yang lemah. Akibatnya, tiang itu langsung tumbang saat kabel yang menggantung tersangkut bagian atas belakang badan Kendaraan Bus.

“Itu kejadiannya saat Kendaraan Bus pelajar itu perjalanan pulang dari Bedugul, lalu lanjut sampai Pelabuhan Gilimanuk [untuk perjalanan ke Yogya],” beber Ery.

Imbas kejadian ini, Kendaraan Bus yang tertimpa tiang listrik itu diganti dengan unit lain yang didatangkan oleh perusahaan Kendaraan Bus asal Jember, Jatim.

“Kendaraan Bus pengganti yang dikirimkan Bahkan Kendaraan Bus yang masih cukup baru, produksi tahun 2022,” kata Ery.

Ery menuturkan Manakala Kendaraan Bus rombongan pelajar SMP Negeri 3 Depok Sleman itu izin melaksanakan study tour yang berangkat sejak Senin (13/5) kemarin. Ia menyebut, sekolah di wilayah Kabupaten Sleman memang Harus melapor ke dinas pendidikan setempat Manakala hendak menggelar karya wisata.

Ia mengklaim kebijakan ini Sebelumnya lama bergulir, bahkan sebelum tragedi kecelakaan Kendaraan Bus SMK Lingga Kencana Depok di Ciater Jabar yang menewaskan 11 orang pada 11 Mei 2024 kemarin.

“Manakala ada sekolah yang menggelar study tour tanpa izin dan kami tahu, maka study tour tahun berikutnya tidak kami izinkan,” tegas Ery.

Ery menjelaskan sosialisasi pemeriksaan kelayakan kendaraan pengangkut siswa-siswi peserta karya wisata Merupakan syarat mutlak sebelum izin kegiatan diberikan.

“Perlunya sekolah izin ke dinas jauh jauh hari sebelum pelaksanaan study tour atau outing class itu untuk diteruskan ke dinas perhubungan Supaya bisa dapat melakukan pengecekan armada yang digunakan siswa,” jelasnya.

Kata Ia, petugas dinas perhubungan Akan segera turun langsung melakukan pengecekan kelaikan armada. “Dari pengecekan armada itu Manakala layak maka Akan segera mendapatkan surat layak jalan dari dinas perhubungan,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(kum/dmi)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kendaraan Bus Study Tour SMPN 3 Depok Kecelakaan di Bali, Tak Ada Korban Jiwa