Berita  

Kepala Daerah Maju Pemilihan Kepala Daerah, 5 Daerah di Sulsel Berniat Dipimpin PJ

Kepala Daerah Maju Pemilihan Kepala Daerah, 5 Daerah di Sulsel Berniat Dipimpin PJ


Jakarta, CNN Indonesia

Sebanyak lima daerah di Sulsel Berniat diisi oleh penjabat sementara selama masa Sosialisasi Politik Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024. Kepala daerah yang maju di Pemilihan Kepala Daerah nantinya Dianjurkan cuti panjang.

Penjabat Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh Sudah mengirim 15 nama kandidat Pjs ke Kementerian Dalam Negeri (Kementerian Dalam Negeri) untuk kabupaten kota yang kepala daerahnya maju bertarung di Pemilihan Kepala Daerah nantinya.

“Kita Di waktu ini Bahkan sedang proses hari ini, kita kirimkan ke Kementerian Dalam Negeri, daerah-daerah yang kepala daerah defenitifnya Ingin maju. (Nama yang diusul) Pejabat Pemprov, ada 15 nama yang diusulkan ke pusat,” kata Prof Zudan, Selasa (3/9).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Zudan, kepala daerah yang maju di Pemilihan Kepala Daerah serentak seharusnya mengambil cuti panjang dan tidak mengambil cuti harian.

“Karena kasihan ASN-nya nanti dianggap tidak netral karena ketemu terus, padahal ini pimpinannya, secara normatif tidak apa-apa, tetapi secara etis Berniat sulit, terjadi conflict of interest di dalamnya,” jelasnya.

Zudan mengapresiasi para kepala daerah yang memilih untuk mengambil cuti selama masa Sosialisasi Politik Pemilihan Kepala Daerah 2024.

“Maka saya Menyediakan apresiasi kepala daerah yang langsung cuti dua bulan selama masa Sosialisasi Politik,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang Bahkan bakal kandidat Gubernur Sulsel mengaku Sudah mengajukan cuti kepada Penjabat Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh.

“Saya Pernah mengajukan izin cuti ke Pj Gubernur Sulsel,” kata Danny sapaan akrabnya, Jumat (30/8).

Danny menuturkan bahwa dirinya cuti pada akhir pekan, sehingga menghadapi Pilgub Sulsel tidak mengganggu tanggung jawabnya sebagai Wali Kota Makassar.

“Ya selama ada jadwalnya, harinya dan tempatnya, kita bisa mengajukan cuti harian. kemungkinan saya cuti kamis, jumat dan setiap minggu,” jelasnya.

Lima kabupaten/kota yang Berniat diisi oleh Pjs Merupakan Kota Makassar, Kabupaten Luwu Timur, Bulukumba, Maros, dan Toraja Utara.

Adapun kepala daerah atau wakil kepala daerah yang Di waktu ini Bahkan tengah menjabat dan Berniat maju kembali pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 ini Sangat dianjurkan untuk menjalani Cuti di Luar Tanggungan Negara (CLTN).

Hal ini sesuai dengan isi Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3/4204/SJ. yang dikeluarkan per 30 Agustus 2024.

(mir/isn)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kepala Daerah Maju Pemilihan Kepala Daerah, 5 Daerah di Sulsel Berniat Dipimpin PJ