Bisnis  

Kepala Negara Jokowi Apresiasi BTN Bangun Kantor di IKN

Kepala Negara Jokowi Apresiasi BTN Bangun Kantor di IKN


Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Bank Tabungan Negara (BTN) yang Berniat membangun gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini disampaikan Jokowi saat peletakan batu pertama Gedung BTN di IKN.

Jokowi berharap, dengan kehadiran BTN dapat Membantu percepatan transformasi ekonomi di IKN dan sekitarnya. 

“BTN tidak salah membangun head officenya, kantor cabangnya di IKN karena Hari Ini kedepannya banyak dibutuhkan pembiayaan properti di kawasan ini, ” kata Kepala Negara Jokowi dikutip Kamis (6/6).


Sementara Direktur Utama BTN, Nixon L P Napitupulu menyampaikan, Gedung BTN yang Berniat berdiri di atas lahan seluas 9.000 meter persegi di Ibu Kota Nusantara, Kaltim tersebut, menjadi masa depan BTN yang Berniat berperan aktif ikut membangun perekonomian bangsa di IKN.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Negara Republik Indonesia atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada BTN karena dapat bergabung di kota masa depan Indonesia,” kata Nixon.

“Di atas tanah BTN di Ibu Kota Nusantara ini merupakan wujud transformasi BTN sebagai perbankan yang membawa perubahan di kota masa depan dengan perspektif baru dan rumah bagi perbankan digital,” ujar Nixon.

Nixon melanjutkan, Gedung BTN di IKN Berniat digunakan sebagai wadah Perdagangan dan Jasa meliputi Bank Umum Konvensional (Gedung Kantor Wilayah BTN Kalimantan, Gedung Kantor Cabang BTN IKN), ATM / Layanan Perbankan Elektronik, Co-Working Space, Cafe Internal dan Ruang Terbuka Hijau.

Berbeda dengan Gedung BTN yang lain, desain gedung baru BTN bertemakan “Housing and Beyond”. Di mana Gedung baru BTN menyatu dengan alam IKN dengan mengikuti kontur tanah tempat gedung Berniat didirikan.

“Kami mengkombinasikan pendekatan rumah yang nyaman seperti rumah keluarga dengan rumah masa depan yang lebih bebas Meskipun demikian tetap menunjang produktivitas, kolaborasi, ramah lingkungan, dan fungsional,” jelas Nixon.

Gedung BTN di IKN ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2026. Dengan hadirnya BTN di IKN, Nixon berharap Perseroan dapat meraup sebesar Mungkin sekali pangsa pasar KPR karena sebagian besar pengembang perumahan di Indonesia khususnya Kaltim Pernah bekerjasama dengan BTN.

BTN, kata Ia, Bahkan Pernah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Otorita IKN, dengan ruang lingkup diantaranya potensi kolaborasi dalam pengembangan program pembiayaan perumahan, baik rumah tapak maupun rumah susun di wilayah IKN.

Konsep Housing and Beyond yang menjadi tema, lanjut Nixon, Bahkan sejalan dengan cita-cita Bank BTN yang terus berinovasi dan mengembangkan kapabilitas untuk Membantu sektor perumahan yang lebih baik lagi pada masa yang Berniat datang.

Sehingga Bank BTN dapat menjadi One stop solution in the housing ecosystem yang mengembangkan fokus Usaha kepada seluruh aspek yang terhubung dengan perumahan.

Bank BTN Bahkan Berniat berperan aktif dalam pembiayaan properti di sektor produktif, Membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk ekspansi Usaha daerah setempat.

Kemudian Bahkan Membantu kebutuhan modal kerja bagi para pelaku usaha di IKN dan kawasan penyangga yang Menyajikan berbagai kemudahan fasilitas transaksional yang terus dikembangkan dari waktu ke waktu.

“Kami menyambut baik para Kontraktor, karena BTN siap Membantu kebutuhan Berniat jasa perbankan lainnya seperti Bank Garansi, SCF, SKBDN, maupun Kredit Modal Kerja Kontraktor yang skemanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Usaha pelaku usaha dan BTN Bahkan Berniat Membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk ekspansi Usaha daerah setempat,” ujar Nixon.

(inh)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kepala Negara Jokowi Apresiasi BTN Bangun Kantor di IKN