Bisnis  

Kereta Tanpa Rel IKN Diuji Coba Mulai Agustus 2024

Kereta Tanpa Rel IKN Diuji Coba Mulai Agustus 2024


Pembantu Presiden Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan uji coba kereta tanpa rel di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dimulai Agustus 2024.

Kereta tanpa rel alias autonomous rail transit (ART) bisa diuji coba seiring rampungnya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kaltim. Pembangunan itu Bahkan mencakup jalur kereta tanpa rel.

“Terima kasih kepada Kementerian PUPR yang Pernah menyelesaikan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, salah satunya untuk jalur ART,” kata Budi dalam keterangan resmi, Senin (3/6).


“Insyaallah, dengan jalur yang Pernah ada ART bisa diuji coba pada Agustus (2024) nanti,” tambahnya.

Menhub Budi mengatakan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat punya enam jalur lalu lintas, di mana satu lajur khusus Kendaraan Bus dan kereta tanpa rel.

Budi berharap IKN nantinya bisa menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di Tanah Air, termasuk dengan kehadiran kereta tanpa rel.

“ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Alhasil, kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi,” jelasnya soal kereta tanpa rel.

“Semoga IKN bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” tambah Budi.

Menurutnya, kehadiran ART sesuai dengan prinsip IKN yang dirancang sebagai kawasan berkonsep kota cerdas berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan. Kereta tanpa rel diklaim bisa Mengoptimalkan efisiensi dan keamanan dalam mobilitas serta ramah lingkungan.

(skt/pta)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kereta Tanpa Rel IKN Diuji Coba Mulai Agustus 2024