Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Berlimpah Pahala dan Ampunan Dosa

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Berlimpah Pahala dan Ampunan Dosa

  • Keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah

Ada begitu banyak keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah yang Harus umat Islam ketahui. Apa saja?

Puasa Tarwiyah dan Arafah dilakukan dua hari sebelum hari raya Idul Adha atau pada tanggal 8 dan 9 Zulhijah.

Pada tahun ini, hari raya Idul Adha jatuh pada Senin (17/6). Artinya, puasa sunah jelang Idul Adha dilakukan pada Sabtu (15/6) untuk Tarwiyah dan Rabu (16/6) untuk Arafah.


Puasa ini dianggap Unggul karena dilakukan pada sepuluh hari pertama bulan Zulhijah atau hari yang dicintai Allah SWT. Di momen ini pula, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah lainnya.

Anjuran tentang puasa Tarwiyah dan Arafah dijelaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW:

Artinya, “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah

Sama seperti puasa sunah lainnya, kedua puasa jelang Idul Adha ini dilakukan dengan menahan lapar dan hawa nafsu sejak matahari terbit Sampai saat ini tenggelam.

Kedua puasa ini memiliki Sebanyaknya keutamaan. Berikut beberapa keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah, merangkum berbagai sumber.

1. Pahala berlimpah

Siapa pun yang menjalani ibadah sunah selama 10 hari pertama di bulan Zulhijah Berencana diganjar pahala yang berlimpah. Limpahan pahala ini Bahkan berlaku bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah.

2. Ampunan dosa

Disebutkan bahwa Allah SWT Berencana mengampuni dosa orang yang menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah.

Dosa satu tahun untuk mereka yang menjalani puasa Tarwiyah. Dan doa dua tahun, pada tahun sebelumnya dan satu tahun mendatang, untuk mereka yang menjalani puasa Arafah.

3. Berbuat baik di hari Unggul

Sebagaimana Pernah dijelaskan di atas, 10 hari pertama di bulan Zulhijah Merupakan hari yang Unggul. Amalan sunah yang dilakukan selama 10 hari tersebut dianggap sebagai perbuatan baik di hari yang Unggul.

4. Sama dengan puasa satu tahun penuh

Sebuah hadis mengibaratkan puasa Tarwiyah seperti berpuasa setiap hari selama satu tahun. Sementara puasa Arafah disamakan dengan puasa selama dua tahun penuh.

“Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun,” bunyi hadis tersebut.

Itulah beberapa keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah. Semoga bermanfaat.

(tim/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Berlimpah Pahala dan Ampunan Dosa