Berita  

Kompolnas Berencana Surati Polda Aceh Terkait Wakapolda Jadi Kader Partai

Kompolnas Berencana Surati Polda Aceh Terkait Wakapolda Jadi Kader Partai


Kompolnas berencana menyurati Polda Aceh terkait  Wakapolda Aceh Brigjen Pol Armia Fahmi yang Diberitakan menjadi kader Partai Aceh, serta mendaftar jadi bakal kandidat Bupati Aceh Tamiang.

“Pastinya Kompolnas Berencana meminta klarifikasi secara resmi kepada Polda Aceh,” ujar Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim saat dihubungi, Jumat (17/5).

Kendati demikian, Yusuf mengatakan Mengikuti hasil klarifikasi awal, Armia mengaku tidak mendaftar sebagai anggota Organisasi Politik melainkan hanya sebatas penjajakan bakal kandidat kepala daerah.


Terlebih lagi, kata Ia, Armia Bahkan Sebelumnya mengetahui aturan internal maupun Undang-Undang Pemilihan Umum yang mewajibkan pengunduran diri sebagai anggota Polri bila ingin mendaftar Pemilihan Kepala Daerah.

“Klarifikasi sementara, yang bersangkutan tidak mendaftar sebagai anggota Partai, kecuali hanya penjajakan bakal kandidat kepala daerah. Yang bersangkutan Bahkan Pernah berlangsung mengetahui Sangat dianjurkan mengundurkan diri sebagai Polri,” tuturnya.

Sebelummya Wakapolda Aceh Brigjen Pol Armia Fahmi mendaftar jadi bakal kandidat Bupati Aceh Tamiang, Provinsi Aceh pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah 2024. Bukan hanya mendaftar jadi bakal cabup untuk diusung Partai Aceh, jenderal bintang satu itu pun mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dari partai lokal Aceh tersebut.

Kartu keanggotaan Armia diserahkan langsung oleh Jubir Partai Aceh, Nurzahri di Kantor DPP Partai Aceh di Banda Aceh, Kamis (16/5).

“Kedatangan Pak Armia itu ada dua agenda, satu masuk jadi anggota dan daftar jadi bakal kandidat Bupati Aceh Tamiang,” kata Nurzahri di Kantor DPP Partai Aceh 

Pantauan CNNIndonesia.com, Armia tiba di Kantor DPP Partai Aceh pada Pukul 14.20 WIB dengan menggunakan pakaian kemeja putih. Ia datang bersama rombongannya untuk mendaftar ke Partai Aceh sebagai bakal kandidat bupati Aceh Tamiang pada Pemilihan Kepala Daerah 2024 ini.

Mengikuti pantauan, pengurus Partai Aceh Menyajikan KTA dengan nomor 01.0368 ke Armia Fahmi sebagai tanda jenderal bintang satu itu resmi jadi kader Partai tersebut. Saat menerima KTA tersebut, Armia terlihat hanya tersenyum terus melakukan salam komando dengan Nurzahri.

Setelahnya mereka berfoto bersama menunjukkan KTA. Kemudian, Armia dan para pengurus Partai Aceh puh melakukan rapat internal yang tak bisa dihadiri awak media.

Sementara itu Armia, usai pendaftaran untuk Cabup Aceh Tamiang itu mengatakan Pada saat ini dirinya masih aktif di Polri dan Berencana pensiun pada Oktober 2024 mendatang.

Soal pencalonan dan pensiun, hal itu Bahkan Pernah berlangsung disampaikan Armia ke Mabes Polri. Sementara soal KTA Partai Aceh itu, Armia tak banyak bicara, dan hanya menjawab soal masa pensiun Sampai sekarang persiapannya untuk Pemilihan Kepala Daerah Aceh Tamiang.

“Saya kan pensiun nanti bulan Oktober, nanti kita Berencana menyesuaikan nanti, karena ini masih bakal kandidat kan masih,” kata Armia Fahmi usai mengantarkan berkas pendaftaran.

Mengikuti Pasal 28 Ayat 1 Undang-Undang Polri dinyatakan anggota Polri bebas dari pengaruh semua Partai dan golongan, serta dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus Organisasi Politik. Selanjutnya pada Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Polri ditegaskan anggota Polri tak memiliki hak pilih dan hak memilih.

Pelaksanaan pemungutan suara atau pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah 2024 digelar serentak se-Indonesia di wilayah provinsi dan kabupaten/kota pada 24 November mendatang.

Adapun tahapan Pemilihan Kepala Daerah sebelumnya Merupakan pendaftaran Sampai sekarang pemenuhan bakal pasangan kandidat dari perseorangan 5 Mei-19 Agustus 2024. Selanjutnya pendaftaran paslon yang diusung Partai atau gabungan Partai pada 27-29 Agustus 2024.

Tahapan berikutnya Merupakan penelitian persyaratan kandidat Sampai sekarang penetapan pasangan kandidat yang digelar pada 22 September 2024.

Mengingat tahapan Pemilihan Kepala Daerah yang berjalan sebelum dirinya pensiun tersebut, Armia mengaku bakal mengajukan permohonan ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Supaya bisa Ia bisa purnabakti lebih Unggul.

“Ya nanti kita kasih ke Pak Kapolri terkait permohonan untuk kita bisa pensiun,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi kembali pada Jumat ini, Nurzahri mengatakan Armia Berencana aktif sebagai kader Partai Aceh setelah resmi pensiun dari Polri.

“Armia Fahmi Berencana aktif sebagai kader Partai Aceh setelah pensiun,” katanya.

(tfq/kid)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kompolnas Berencana Surati Polda Aceh Terkait Wakapolda Jadi Kader Partai