Berita  

Kronologi Pesawat Jatuh di BSD, Take Off dari Tanjung Lesung

Kronologi Pesawat Jatuh di BSD, Take Off dari Tanjung Lesung


Kementerian Perhubungan mengungkap pesawat yang jatuh di Lapangan Sun Burst, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5) awalnya berangkat dari bandara Tanjung Lesung, Banten.

“Rute pesawat terbang ini dari bandara Tanjung Lesung, Banten Ke arah bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan resminya, Minggu (19/5).


Adita mengatakan pesawat tersebut mengangkut tiga orang, Disebut juga Pilot Capt. Pulu Darmawan, Co-Pilot Capt. Suanda, dan teknisi Capt. Farid Ahmad. Ketiganya tewas dalam peristiwa tersebut.

Menurut Adita pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Bahkan Berniat menginvestigasi Dalang jatuhnya pesawat TecnamP2006T dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club itu.

Kronologi versi polisi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan kronologi lengkap jatuhnya pesawat latih tersebut. Menurutnya pesawat ini awalnya terbang dari Bandara Pondok Cabe.

“Take off Bandara Pondok Cabe sekira pukul 11.36 WIB,” kata Ade Ary, mengutip Detik.

Ade mengatakan pesawat itu sempat landing di Bandara Khusus Salakanegara, Pandeglang, Banten. Kemudian, saat kembali ke Bandara Pondok Cabe, pesawat itu terjatuh di sekitar Lapangan Sun Burst BSD.

“Landing Tanjung Lesung, Bandara Salakanegara, pemberitahuan sebelum take off dari Tanjung Lesung sekitar pukul 13.10 WIB,” jelasnya.

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ibnu Bagus Santosa menyebut saat pesawat dengan kode PK-IFP jatuh di lapangan Sunburst, BSDcuaca dalam keadaan buruk.

Pesawat TecnamP2006T itu jatuh sekitar pukul 14.30 WIB dan menewaskan tiga orang di Tempat kejadian.

“Kejadian hujan lebat, pukul 14.00 WIB,” kata Ibnu di Tempat kejadian, Minggu (19/5).

Suara dentuman

Seorang saksi mata menceritakan detik-detik pesawat dengan kode PK-IFP yang jatuh di Lapangan Sunburst BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (19/5).

Wanto, seorang pekerja di Tempat, awalnya mengira ada kecelakaan truk. Ia mengaku mendengar suara dentuman keras. Setelah dicari sumber suara, Wanto menemukan pesawat jatuh.

Dari badan pesawat terlihat ada asap Sekalipun badan pesawat tak terbakar.

“Ada korban yang terpental, ada dua yang di dalam pesawat, tadi saya lihat korban masih gerak sedikit, tak lama Pernah berlangsung tidak bergerak lagi,” kata Wanto kepada CNNIndonesia.com di Tempat.

Sebelumnya Wanto Bahkan melihat pesawat sempat berputar-putar di udara dan hilang kendali. Sekalipun ia tak menyangka pesawat sampai terjatuh.

(Skuad/dmi)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Kronologi Pesawat Jatuh di BSD, Take Off dari Tanjung Lesung