Lakukan 9 Pola Kebiasaan Sehat Ini Supaya bisa Tetap Segar di Usia 50 Tahun

Lakukan 9 Pola Kebiasaan Sehat Ini Supaya bisa Tetap Segar di Usia 50 Tahun

Siapa yang tidak ingin menikmati masa tua dengan tubuh yang sehat dan Segar? Penting untuk mengetahui ini Merupakan pola Kebiasaan Sehat usia 50 tahun.

Dilansir dari Max Planck Intitute for Biology of Ageing, proses penuaan secara sederhana dapat dilihat dari kerutan-kerutan yang mulai muncul serta daya tahan tubuh yang menurun.

Kecepatan dan kelangsungan proses penuaan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor genetik menentukan sekitar 10 sampai 15 persen proses penuaan seseorang dan faktor lainnya termasuk Pola Hidup dan pengaruh eksternal.


Mengonsumsi beragam makanan bergizi dalam jumlah yang wajar dan melakukan Olahraga setiap hari dapat Membantu menjaga Kebugaran seiring bertambahnya usia.

Pada usia tua, memutuskan untuk operasi anti penuaan atau minum Pendukung Kesehatan anti tua Merupakan hal yang Dianjurkan dihindari.

Pada proses penuaan, setidaknya manusia Dianjurkan mulai lebih peduli pada jenis perubahan massa otot, dorongan seks, penglihatan, dan Kebugaran jantung.

Bagaimanapun, menikmati masa tua dengan tubuh yang sehat Merupakan hal yang Tidak mungkin tidak diidamkan. Berikut Merupakan pola Kebiasaan Sehat usia 50 tahun dilansir dari Vinmec International Hospital.

1. Konsumsi lemak sehat

Lemak jenuh berdampak buruk bagi Kebugaran jantung dan fungsi otak. Oleh karena itu, kurangi konsumsi daging merah, mentega, dan makanan tinggi lemak jenuh.

Berbeda dengan, tambahkan ikan berlemak dan lemak nabati seperti biji rami dan kacang-kacangan ke dalam pola makan untuk manfaat Kebugaran jantung dan otak.

2. Kurangi natrium

Tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Kurangi jumlah garam dalam makanan yang dikonsumsi, terutama dari makanan kaleng dan olahan.

Sebagai gantinya, konsumsi pisang yang kaya potasium untuk Membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mulai makan yang sehat

Dengan melambatnya metabolisme, pilihlah makanan rendah kalori Meskipun demikian tinggi nutrisi. Prioritaskan sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan sayuran berwarna.

Tambahkan Bahkan susu rendah lemak dan sereal dengan vitamin B12 serta susu dengan vitamin D untuk Kebugaran tulang.

4. Aktif berolahraga

Berolahraga tetap penting meski di usia tua. Olahraga seperti berjalan kaki atau bersepeda dapat Mengoptimalkan otot dan melindungi sendi tanpa risiko Cidera yang tinggi.

Olahraga teratur Membantu menjaga Kebugaran otak dan mencegah masalah pada ingatan. Berolahraga 30 menit sehari, lima kali seminggu, dapat Mengoptimalkan aliran darah ke otak dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.

Mulailah kebiasaan sehat dengan lebih banyak berolahraga dan makan lebih sehat. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kanker, dan patah tulang.

5. Latihan keseimbangan dan kekuatan

Untuk mencegah jatuh atau Cidera serius, latihan keseimbangan seperti berdiri dengan satu kaki atau berjalan berjinjit sangat dianjurkan.

Tai chi Bahkan bermanfaat untuk keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh Sampai sekarang 50 persen, sedangkan latihan kekuatan penting untuk mempertahankan massa otot.

Studi menunjukkan bahwa latihan kekuatan pada orang dewasa yang lebih tua dapat membuat otot mereka mirip dengan orang berusia 20-an.

6. Ubah kebiasaan hidup

Pertama mulai dari seksual, seiring bertambahnya usia, kehidupan seks bisa menjadi lebih positif dengan lebih banyak kepercayaan diri dan pengalaman.

Pada usia tua pun, tidak ada salahnya memelihara hewan seperti anjing atau kucing yang dapat berguna menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

7. Tidak salah belajar hal baru

Mengambil tantangan baru seperti belajar bahasa atau alat musik dapat Mengoptimalkan Kebugaran mental dan Menyajikan kebahagiaan.

8. Biasakan diri untuk bersosialisasi

Interaksi sosial dengan keluarga dan teman dapat Mengoptimalkan Kebugaran mental dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

9. Tidur lebih Unggul

Pastikan tidur minimal tujuh jam per malam. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah Kebugaran seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Menerapkan kebiasaan tidur yang baik, seperti menjaga jadwal tidur yang konsisten dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dapat Membantu memperbaiki kualitas tidur.

Mulai membiasakan diri untuk pola Kebiasaan Sehat usia 50 tahun bisa membawa dampak positif bagi Kebugaran fisik dan mental, sehingga bisa menikmati masa tua yang lebih sehat dan Senang.

(pua/pua)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Lakukan 9 Pola Kebiasaan Sehat Ini Supaya bisa Tetap Segar di Usia 50 Tahun