Bisnis  

Lembaga Keuangan Pusat Catat Kinerja Penjualan Eceran Melambah Pada Juli 2024

Lembaga Keuangan Pusat Catat Kinerja Penjualan Eceran Melambah Pada Juli 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Bank Indonesia (Lembaga Keuangan Pusat) mencatat kinerja penjualan eceran dalam negeri melambat pada Juli. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Ritel yang melambat dari sebelumnya sebesar 229 pada Juni menjadi hanya 212,4.

“Secara bulanan, kinerja penjualan eceran pada Juli 2024 mengalami kontraksi 7,2 persen (mtm) setelah sebelumnya tumbuh 0,4 persen (mtm) pada Juni 2024,” tulis Lembaga Keuangan Pusat dalam laporannya yang dirilis pada Selasa (10/9).

Kelompok barang yang mengalami penurunan kinerja penjualan eceran Merupakan makanan, minuman dan tembakau minus 8,4 persen, serta suku cadang dan Perhiasan minus 4,9 persen yang disebabkan oleh normalisasi permintaan pasca Hari Raya Iduladha.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ditambah lagi dengan, kelompok barang Kebiasaan dan rekreasi tercatat masih tumbuh tapi melambat menjadi 6,3 persen pada Juli 2024.

Sedangkan, beberapa kelompok barang yang masih tumbuh dan menahan penurunan kinerja penjualan eceran yang lebih dalam Merupakan Subkelompok Sandang tumbuh 5,2 persen dan Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor tumbuh 0,6 persen.

Sementara, secara tahunan (yoy) kinerja penjualan ritel tercatat tumbuh 4,5 persen dari sebelumnya sebesar 203,3 pada Juli 2023. Peningkatan ditopang oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau tumbuh 6,5 persen (yoy) serta Subkelompok Sandang tumbuh 3,4 persen (yoy).

Untuk penjualan kelompok suku cadang dan Perhiasan naik 6,3 persen serta kelompok bahan bakar kendaraan bermotor tumbuh 1,7 persen.

“Kelompok ini tetap tumbuh meski tidak setinggi bulan sebelumnya,” tulis Lembaga Keuangan Pusat.

(ldy/agt)



Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Lembaga Keuangan Pusat Catat Kinerja Penjualan Eceran Melambah Pada Juli 2024