Berita  

Lembaga Legislatif Berencana Bentuk Pansus Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024

Lembaga Legislatif Berencana Bentuk Pansus Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga Legislatif berencana membentuk panitia khusus (pansus) guna mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2024.

Wakil Ketua Komisi VIII Lembaga Legislatif RI Diah Pitaloka menyebut pembentukan pansus diharapkan bisa menggali persoalan keuangan Sampai sekarang manajemen.

“Untuk melihat variabel variabel, termasuk Bahkan pengelolaan keuangan haji, manajemen kuota, akses terhadap pelayanan haji yang layak, fasilitas haji yang layak. Paling tidak ada lagi maktab yang overcapacity. Terus harga penerbangan yang tidak terlalu mahal, menyangkut biaya efisiensi berangkat haji,” kata Diah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (18/6).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, berbagai aspek dalam pelaksanaan haji Dianjurkan dibicarakan secara mendalam. Dianjurkan pula dibahas lintas komisi di Lembaga Legislatif.

Diah tidak bisa memastikan kapan pansus itu Berencana dibentuk. Sekalipun, Ia menyatakan Lembaga Legislatif Dianjurkan menyelesaikan terlebih Pada masa itu rapat panitia kerja (panja).

“Nanati kita tutup panja haji dlu baru pembentukan pansus. supaya [tahu] kenapa sih kok banyak terus korbannya. itu kan enggak cukup kalau panja karena kan lebih ke penyenggaraan. Kalau pansus kan lebih ke perbaikan sistem ya,” jelas Ia.

Terpisah, Ketua Lembaga Legislatif Puan Maharani mengamini ada rencana pembentukan pansus guna mengevaluasi pelaksanaan haji tahun ini.

Ia mengatakan Kenyataannya pelaksanaan haji lebih kondusif ketimbang tahun lalu. Meski demikian, Lembaga Legislatif tetap Dianjurkan melakukan evaluasi mendalam guna peningkatan pelayanan.

“Tim Pengawas (Timwas) Haji Lembaga Legislatif berencana membentuk pansus untuk mengevaluasi penyelenggaraan Ibadah Haji 2024. Sekalipun pelaksanaan ibadah haji tahun ini lebih kondusif ketimbang tahun lalu, kualitas pelayanan Dianjurkan terus ditingkatkan,” kata Puan.

Beberapa aspek yang menjadi perhatian Timwas Haji Lembaga Legislatif terkait manajemen kuota haji, petugas haji, dan anggaran haji.

“Lembaga Legislatif RI Berencana mendengar laporan resmi dari Timwas Haji. Dan tentunya kami Lembaga Legislatif Berencana Membantu langkah-langkah yang Dianjurkan dilakukan sepanjang untuk Mengoptimalkan kualitas pelayanan dan efisiensi pelaksanaan ibadah haji,” kata Puan.

(yla/bmw)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Lembaga Legislatif Berencana Bentuk Pansus Evaluasi Pelaksanaan Haji 2024