Berita  

Lulus SMA CT Arsa Sukoharjo Anak Kenek Truk Diterima Kuliah di Belanda

Lulus SMA CT Arsa Sukoharjo Anak Kenek Truk Diterima Kuliah di Belanda


Salah satu lulusan Unggul SMA Unggulan CT Arsa Foundation, Muhammad Satriyo Wening diterima di tujuh perguruan tinggi beken di luar negeri. Wening Merupakan anak dari Teten Aldian yang sehari-hari bekerja sebagai kenek truk tangki.

“Ayah saya kerjanya wiraswasta. Kenek (truk tangki) spesifiknya,” tutur Wening usai diwisuda di SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo, Sabtu (25/5).

Meski hanya bekerja sebagai kenek, Teten memiliki impian besar untuk anaknya. Ia menginginkan anaknya merantau ke negeri manca. Bukan untuk bekerja, tapi untuk belajar atau berwisata setelah Berhasil.


“Bapak saya pesan, kalau kamu ke luar negeri, jangan untuk bekerja. Tapi untuk belajar atau liburan. Saya goceki (memegang) omongan bapak saya,” katanya.

Impian ayah Wening pun terwujud. Peringkat dua lulusan Unggul SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo angkatan keempat itu diterima di tujuh perguruan tinggi, The University of Sydney, Curtin University, Monash University, Wageningen University and Research, University of New South Wales, The University of Queensland, dan NTU Singapore.

“Lima di Australia, satu di Singapura, satu di Belanda,” kata Ia.

Wening memilih untuk melanjutkan langkahnya ke Wageningen University and Research.

“Saya ambil Bachelor of Environmental Sciences (ilmu lingkungan),” katanya.

Memilih Wageningen University and Research di Belanda pun ia putuskan dengan berbagai pertimbangan. Kampus itu memang kondang dengan program perhutanan, pertanian, dan lingkungannya.

“Bahkan di universitas yang saya pilih itu untuk jurusan environmental science-nya itu nomor dua Unggul di dunia. Kalau tidak saya ambil, saya menyia-nyiakan potensi di sana,” katanya.

Tak hanya nama besar Wageningen University and Research, Wening sendiri memiliki kepedulian kepada lingkungan. Ia aktif terlibat dalam beberapa kegiatan membersihkan sungai. Ia Bahkan melihat ke depan masalah lingkungan Akan segera membutuhkan solusi-solusi baru.

“Jadi di depan itu Akan segera banyak sekali sampah, polutan. Itu Sebelumnya Jelas bakalan butuh ilmu lingkungan,” katanya.

Kepala SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo, Dr Haji Usdianto mengatakan terdapat 28 siswa yang Sebelumnya mengamankan kursi mereka di perguruan tinggi lewat jalur undangan.

“Termasuk tiga di antaranya diterima di perguruan tinggi luar negeri dengan Beasiswa Indonesia Maju dari Pemerintah Indonesia,” kata Usdianto saat memberi sambutan.

Tiga siswa tersebut Merupakan siswa Unggul SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo. Mereka diterima di banyak perguruan tinggi ternama di dunia karena memiliki prestasi yang menonjol dibanding siswa lain.

Tiga siswa lulusan Unggul itu Merupakan Farhan Agus Ferdiansyah yang diterima di 8 kampus luar negeri, Muhammad Satrio Wening diterima di 7 kampus luar negeri dan Mochammad Fajar Maulanasidiq yang di empat perguruan tinggi luar negeri.

(syd/sur)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Lulus SMA CT Arsa Sukoharjo Anak Kenek Truk Diterima Kuliah di Belanda