Bisnis  

Maju Serentak Berikan Dampak Bagi Indonesia

Maju Serentak Berikan Dampak Bagi Indonesia


Telkomsel memasuki usainya yang ke-29 tahun. Dalam merayakan 29 tahun perjalanannya, Telkomsel mengusung semangat ‘Maju Serentak Berikan Dampak’.

Semangat ini merupakan komitmen Telkomsel untuk terus mendampingi masyarakat dengan Menyajikan pelayanan Unggul melalui ragam inisiatif, inovasi, dan aksi nyata yang dapat Mengoptimalkan inklusi digital nasional.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada pelanggan setia dan seluruh stakeholder atas dukungannya selama 29 tahun ini.


Nugroho menegaskan, Telkomsel Berencana terus maju dan bertumbuh, dengan Mengoptimalkan komitmennya sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital Unggul di regional.

“Untuk mencapai hal tersebut, kami menjalankan misi baru dengan berupaya untuk dapat Menyajikan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan Unggul bagi semua orang,” kata Nugroho dikutip Minggu (26/5).

“Visi dan misi baru ini Berencana menjadi komitmen Perusahaan untuk terus melangkah maju Menyajikan kontribusi nyata sehingga terus menjadi mitra Terpercaya masyarakat dan bangsa,” ujarnya.

Adapun selama 29 tahun, Telkomsel Sudah secara konsisten Menyajikan dan Memanfaatkan konektivitas infrastruktur jaringan broadband terdepan yang merata dan setara.

Antara lian menghadirkan jaringan 5G pertama dan terluas di Indonesia yang mencakup lebih dari 53 kota/kabupaten.

Jaringan ini Sudah dimanfaatkan dalam Membantu beberapa sektor seperti robotic telesurgery, marine mobile, warehouse management dan smart mining.

Dari sisi segmen Usaha digital menjadi penggerak utama transformasi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan.

Di mana pertumbuhan data dan layanan digital Sudah mencatat kinerja positif di kuartal satu 2024 dengan tumbuh sebesar 8,6% YoY dan Memanfaatkan kontribusinya terhadap pendapatan perusahaan menjadi 89,9% dari 84,4% tahun lalu.

Meski demikian, Telkomsel menyadari dinamika industri telekomunikasi yang kian berkembang. Untuk itu, Telkomsel terus beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapi berbagai tantangan dengan bertransformasi ke arah Usaha digital baik untuk segmen Business-to-Business (B2B) maupun Business-to-Consumer (B2C).

Tak hanya itu, Telkomsel Bahkan Sudah menghadirkan layanan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) untuk pelanggan di dalam dan luar negeri.
Dalam upaya mewujudkan pengalaman digital pelanggan terdepan, Telkomsel Sudah Memanfaatkan kapabilitas asisten virtual “Veronika” dengan teknologi Microsoft Azure OpenAI Service.

Guna mewujudkan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan pertumbuhan Usaha baru, Telkomsel Bahkan memiliki peta jalan ekosistem inovasi yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact Usaha Baru incubator NextDev.

Kemudian, corporate accelerator Tinc, dan didukung oleh anak perusahaan yang bertindak sebagai corporate venture capital Telkomsel Ventures, dan digital business portfolio holding & platform company yaitu INDICO.

Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini Sudah bergerak mengembangkan inovasi bersama para stakeholder untuk Membantu pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

Selama 29 tahun, Telkomsel senantiasa mengedepankan proses Usaha berkelanjutan dengan mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui ragam inisiatif perusahaan dan aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal ini menciptakan dampak positif terhadap kelestarian alam dan lingkungan, pemberdayaan masyarakat Indonesia, serta membangun ekosistem digital yang Terpercaya dan bertanggung jawab.

Dalam menciptakan dampak positif terhadap alam dan lingkungan, Telkomsel menghadirkan Telkomsel Jaga Bumi yang Sudah melakukan penanaman 15 ribu pohon di delapan Tempat pada 2023 lalu untuk mengkompensasi emisi karbon.

Kemudian Bahkan program pengelolaan limbah plastik, yang Sudah mendaur ulang limbah plastik dan bekas cangkang kartu SIM menjadi 75 ribu pavement block dan 20 ribu phone holder.

Pada aspek sosial, Telkomsel Sudah meluncurkan beragam inisiatif CSR yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat guna membentuk masa depan yang lebih baik.

Sementara program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang berfokus mengakselerasi kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia, Sudah Membantu akselerasi transformasi digital di lebih dari 2.500 UKM lokal.

Dampak Penetrasi Broadband Telkomsel

Dampak nyata kontribusi Telkomsel diperkuat dengan hasil riset dan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Usaha Universitas Indonesia (LDUI).

Riset itu bertajuk “Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel terhadap Perekonomian Indonesia pada Era Ekonomi Digital”. Hasilnya menyatakan bahwa Telkomsel tidak hanya menjadi pelopor dalam Menyajikan layanan telekomunikasi, tetapi Bahkan menjadi penggerak dalam memacu Peningkatan Ekonomi digital di Indonesia.

Hasil riset tersebut terbagi menjadi tiga temuan utama, Dikenal sebagai Internet Telkomsel Berkontribusi Terhadap Perekonomian Indonesia, Internet Telkomsel Membantu Teknologi Digital Usaha, dan Internet Telkomsel Memanfaatkan Omzet Usaha.

Temuan pertama, Telkomsel berkontribusi terhadap perekonomian nasional, di mana setiap peningkatan payload Telkomsel sebesar 100 TB di setiap kabupaten/kota berdampak pada peningkatan PDRB per kapita Sampai saat ini Rp1,7 miliar, sementara peningkatan jumlah pelanggan sebanyak 1.000 orang dapat Memanfaatkan PDRB per kapita Sampai saat ini Rp8,6 miliar.

Ditambah lagi dengan, Telkomsel Bahkan Menyajikan kontribusi sebesar 1,6 persen terhadap PDB nasional. Pada temuan kedua, menyatakan bahwa Telkomsel turut berperan dalam Mendukung Teknologi Digital usaha di Indonesia.

Dengan dukungan internet Telkomsel, sebanyak 45,7 persen pelaku usaha Sudah terintegrasi dengan platform Perdagangan Elektronik dan social commerce, yang secara signifikan Memanfaatkan keuntungan bersih mereka Sampai saat ini 3 kali lipat dibandingkan pelaku usaha yang tidak terintegrasi pada platform digital.

Tidak hanya itu, Telkomsel Bahkan memungkinkan pelaku usaha untuk Memanfaatkan efisiensi komunikasi dengan pemasok dan pelanggan, sehingga Memperjelas jangkauan pasar dan Mendukung pertumbuhan Usaha secara keseluruhan.

Pada temuan ketiga, hasil riset menyatakan bahwa internet Telkomsel Membantu peningkatan omzet pelaku usaha.

Dengan adanya koneksi internet yang Mudah dan andal dari Telkomsel, pelaku usaha dapat mengalami peningkatan omzet Sampai saat ini lebih dari 50 persen dan Memanfaatkan jangkauan penjualan usaha naik dua kali lipat setelah menggunakan Telkomsel (dari 20,6 persen menjadi 46,7 persen).

Promo HUT 29 Tahun Telkomsel

Memperingati hari jadi ke-29, Telkomsel menghadirkan beragam program produk dan layanan bernilai tambah seperti Paket Surprise Deal yang Menyajikan paket data khusus dengan jumlah kuota besar dengan harga yang menarik.

Kemudian, Flash Sale MyTelkomsel dan Cashback Nampol MyTelkomsel yang mendapatkan potongan harga, Promo Device Bundling Spesial di TShop dengan ekstra Sale, Dunia Games Double Diamond, Paket Nonton Video Flash Sale, Hot Deal Telkomsel Anniversary yang Menyajikan cashback dan Sale untuk paket.

Selanjutnya kartu perdana dan nomor spesial, Surprise Deal Orbit yang Menyajikan paket kuota besar dengan harga yang menarik bagi pelanggan orbit, Sampai saat ini ragam program loyalitas pelanggan.

Semua itu dapat diperoleh dengan menukarkan Telkomsel Skor, seperti Telkomsel Skor Giveaway, Cuan Hepi, Pointastic Deal, Mendadak Hepi, Undi-Undi Hepi dan Jalan-jalan Hepi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kontribusi Telkomsel terhadap Indonesia selama 29 tahun serta ragam promo produk dan layanan pada momen HUT Telkomsel dapat diakses di laman tsel.id/29tahun.

(inh)


Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Maju Serentak Berikan Dampak Bagi Indonesia