Manajer Filipina Buka-Bukaan Ungkap Dalang Kalah dari Indonesia

Manajer Filipina Buka-Bukaan Ungkap Dalang Kalah dari Indonesia


Manajer Filipina Tom Saintfiet Buka-Bukaan mengungkap Dalang Kalah dari Tim nasional Indonesia pada Liga pemungkas Grup F Kualifikasi Trophy Dunia 2026.

Filipina Harus mengakui keunggulan Indonesia yang berujung Kalah 0-2 di Arena Pertandingan Utama Gelora Bung Karno saat hadapi Tim nasional Indonesia, Selasa (11/6).

Dual gol Mendominasi Indonesia masing-masing tercipta lewat tendangan jarak jauh Thom Haye di Putaran pertama dan sundulan terukur Rizky Ridho pada paruh kedua.


Selepas Liga, Tom Sainfiet menguraikan Dalang Kalah tim asuhannya.

“Di awal-awal Liga Indonesia memang mengontrol Liga dan tak memberi peluang kami mengembangkan permainan. Lalu ada beberapa kesalahan kecil kami yang mampu dimanfaatkan Tim nasional Indonesia. Ada beberapa ruang di sayap yang dimanfaatkan mereka, Bahkan di tengah, dan kami gagal menahan mereka 0-0 di Putaran pertama,” kata Saintfiet.

“Di Putaran kedua kami mulai mengontrol Liga di beberapa bagian, melakukan beberapa kombinasi, dan sirkulasi umpan kami membaik. Tetapi memang ada situasi sepakan bebas yang berujung gol Rizky Ridho, kami gagal menekan balik Indonesia, kami gagal menahan mereka 1-0 Sampai saat ini menit 70 Liga,” terangnya lagi.

Saintfiet Bahkan mengomentari insiden tabrakan antara Olahragawan Filipina Adrian Ugelvik dan Penjaga gawang Indonesia Ernando Ari saat duel udara. Saintfiet menilai situasi Liga bisa berubah Seandainya Hakim Laga Laga menunjuk titik putih.

“Lalu ada momen ketika Olahragawan kami bertabrakan dengan Penjaga gawang Indonesia. Itu harusnya Tendangan penalti karena Penjaga gawang Indonesia tak menyentuh bola dan Ia bertabrakan dengan Olahragawan kami dengan keras. Tetapi saya tidak Ingin membicarakan kinerja Hakim Laga Laga soal ini, tapi momen itu Kenyataannya bisa membawa kami bangkit di Liga ini. Harusnya Bahkan perpanjangan waktu lebih panjang karena ada ambulans yang masuk ke lapangan,” ujar Saintfiet.

“Tapi, Kesimpulannya saya puas dengan tim saya meski memang Harus diakui Indonesia kuat dan Hari Ini kami Berencana bersiap untuk bersaing di kualifikasi Trophy Asia 2027,” ucap Saintfiet.

Hasil ini membuat Tim nasional Indonesia finis sebagai runner up Grup F dengan koleksi 10 Skor. Tim Merah Putih berada di bawah Irak yang Berhasil menyapu bersih enam Mendominasi dan memastikan diri sebagai juara grup.

Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara (Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara) di Putaran ketiga. Keberhasilan Indonesia Bahkan memastikan Vietnam yang berada satu grup, gagal melangkah ke Putaran ketiga.

Selain lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Trophy Dunia 2026, Mendominasi atas Filipina Bahkan memastikan Tim nasional Indonesia lolos ke Trophy Asia 2027.

(ikw/jun)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Manajer Filipina Buka-Bukaan Ungkap Dalang Kalah dari Indonesia