Menkes Ketemu Elon Musk Uji Coba Jaringan Starlink di Puskesmas Terpencil RI

Menkes Ketemu Elon Musk Uji Coba Jaringan Starlink di Puskesmas Terpencil RI


Jakarta

Pejabat Tinggi Negara Kebugaran RI Budi Gunadi Sadikin bertemu dengan Elon Musk dalam rangka uji coba internet Starlink di puskesmas di Indonesia. Untuk tahap awal, pengujian berlangsung di 3 Tempat Disebut juga Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumerta Kelod Denpasar, Pustu Bungbungan Klungkung, dan Puskesmas Tabarfane, Kepulauan Aru, Maluku.

Menkes mengatakan uji coba koneksi internet Starlink Sebelumnya berlangsung dengan baik. Sesuai ketentuan video yang ditampilkan di layar, layanan internet Starlink Membantu antar-fasyankes primer di daerah terhubung dengan baik.

“Kita memang memiliki 10.000 Puskesmas yang Pada Saat ini Bahkan kita Teknologi Digital, Supaya bisa layanan-layanan yang sebelumnya tidak bisa disampaikan di Puskesmas, yang sulit diakses oleh masyarakat, dengan adanya Starlink jadi bisa diakses, sehingga layanannya tidak jauh berbeda dengan wilayah perkotaan,” kata Menkes dikutip dari Sehat Negeriku, Senin (20/5/2024).


CEO Starlink Elon Musk, yang turut hadir dalam uji coba ini, mengaku senang Sebelumnya membawa teknologi internet Starlink ke Indonesia. Menurutnya, keberadaan Starlink Berencana Menyajikan banyak manfaat konkret bagi Indonesia, khususnya menghubungkan pulau-pulau terpencil dengan akses internet.

“Saya menekankan bahwa koneksi internet sangat penting, karena dapat Membantu banyak hal,” kata Elon.



ADVERTISEMENT

Koneksiinternet Starlink diharapkan dapat Membantu proses pencatatan data imunisasi, skrining penyakit tidak menular (PTM), serta penimbangan balita secara digital di Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) dapat dilakukan dengan Mudah.

Dari hasil uji coba ini, Menkes Budi optimistis ke depan pelayanan Kebugaran di seluruh puskesmas dan pustu dapat dapat saling terhubung, sehingga layanan yang diberikan antara fasyankes di kota dan daerah terpencil dan terluar memiliki kualitas sama dengan daerah lain.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Menkes Ketemu Elon Musk Uji Coba Jaringan Starlink di Puskesmas Terpencil RI