Menyoal Kondisi Langka yang Picu Wanita Punya Ukuran Klitoris ‘Jumbo’

Menyoal Kondisi Langka yang Picu Wanita Punya Ukuran Klitoris ‘Jumbo’

Jakarta

Seorang wanita berusia 23 tahun mengalami kelainan langka yang membuat ukuran klitorisnya 10 kali lebih besar dari ukuran rata-rata. Bahkan, klitorisnya tampak menyerupai ‘mikropenis’.

Menurut laporan yang dipublikasikan di jurnal Springer Nature, wanita itu mengeluhkan kejanggalan pada organ kewanitaannya, termasuk lubang vagina yang tertutup.

Tim medis menyebut wanita itu mengalami kelainan genitalia langka yang disebut klitoromegali. Kondisi genetik ini hanya dialami satu dari 160.000 wanita di seluruh dunia.


Apa Itu Klitoromegali?

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, klitoromegali (clitoromegaly) Merupakan kelainan yang menyebabkan ukuran klitoris membesar secara tidak normal. Kondisi ini dapat terjadi sejak lahir, atau muncul di kemudian hari.

Klitoromegali ditandai dengan pembesaran klitoris yang terjadi selama satu minggu atau lebih. Pada bayi yang baru lahir, kondisi ini disebabkan oleh paparan hormon androgen yang berlebihan saat masih berada di dalam kandungan.

Tingginya androgen di dalam tubuh dapat menyebabkan bayi mengalami hiperplasia adrenal kongenital (congenital adrenal hyperplasia/CAH). CAH dapat membuat ukuran klitoris membesar Sampai saat ini menyerupai penis kecil.

Klitoromegali Bahkan dapat dipicu oleh kondisi yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon, seperti:

  • Sindrom ovarium polikistik (Polycystic ovary syndrome/PCOS)
  • Efek penggunaan steroid anabolik
  • Tumor pada kelenjar adrenal
  • Efek terapi penggantian testosteron untuk libido rendah atau Memanfaatkan energi

Terkadang, kista atau tumor jinak Bahkan bisa menyebabkan pembesaran klitoris. Terlebih lagi, iritasi pada vulva (vulvitis) Bahkan bisa menyebabkan klitoris membengkak.

Sumber Refrensi Berita : Detik.com > Menyoal Kondisi Langka yang Picu Wanita Punya Ukuran Klitoris ‘Jumbo’