Berita  

Muhammadiyah Apresiasi Pansus Haji: Supaya bisa Jemaah Lebih Baik

Muhammadiyah Apresiasi Pansus Haji: Supaya bisa Jemaah Lebih Baik


Jakarta, CNN Indonesia

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah¬†Abdul Mu’ti tidak dalam posisi Membantu atau menolak pembentukan Pansus Haji 2024. Sebab, pembentukan pansus evaluasi haji memang menjadi kewenangan Dewan Perwakilan Rakyat (Wakil Rakyat).

Mu’ti¬†mengapresiasi selama Pansus dibentuk untuk mengevaluasi pelaksanaan Ibadah Haji 2024.

“Sepanjang itu dilaksanakan sesuai dengan niat awal untuk memastikan bahwa penyelenggaraan Haji ini tidak melanggar undang-undang. Dan kemudian tujuannya Merupakan Supaya bisa jemaah Haji lebih baik ya, saya kira ya hak Wakil Rakyat itu patut kita apresiasi,” kata Mu’ti di Kantor PP Muhammadiyah, Kamis (11/7).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia pun menyinggung kekhawatirannya terkait agenda politik terselubung dalam pembentukan pansus tersebut. Menurutnya, jangan sampai pembentukan pansus itu dipolitisi untuk menyudutkan salah satu pihak atau lembaga.

“Tapi kalau motifnya itu misalnya ada agenda politik untuk menyudutkan Pembantu Presiden Agama (Yaqut Cholil Qoumas) atau Kementerian Agama, karena hal-hal yang sifatnya personal, saya kira ini Dianjurkan kita hindari,” kata Mu’ti.

“Kepentingan yang berkaitan dengan pansus itu Merupakan untuk kepentingan bangsa dan negara. Jangan ada agenda pribadi yang berkaitan dengan persaingan politik antara Pembantu Presiden Agama dengan sebagian anggota Wakil Rakyat,” imbuhnya.

Terpisah, Anggota pansus angket pengawasan haji Wakil Rakyat dari Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah Pernah mengaku tak ada niatan politis atas pembentukan pansus haji 2024.

Ia menegaskan pembentukan pansus itu merupakan tugas konstitusional Wakil Rakyat dalam menjalankan fungsi check and balances terhadap pemerintah.

“Ini tugas konstitusional Wakil Rakyat. Kami melakukan fungsi check and balances,” kata Luluk lewat pesan singkat, Rabu (10/7).

Wakil Rakyat lewat rapat paripurna pada Selasa (9/7) kemarin mengesahkan pembentukan pansus hak angket haji 2024. Sebanyak 35 anggota turut meneken pembentukan pansus itu.

Pansus hak angket pengawasan haji 2024 itu diisi oleh 30 orang yang berasal dari seluruh fraksi Wakil Rakyat.

Sebanyak tujuh anggota dari PDIP; Golkar dan Gerindra masing-masing empat orang; PKB, NasDem, Demokrat, PKS masing-masing tiga orang. Lalu, dua orang dari PAN, dan satu orang dari PPP.

(yla/DAL)

Sumber Refrensi Berita : CnnIndonesia > Muhammadiyah Apresiasi Pansus Haji: Supaya bisa Jemaah Lebih Baik